Jeruk Bali Merah
Walau hanya bisa ditemukan di Asia Tenggara, ketahui manfaat jeruk bali merah. Buah ini dikenal juga dengan nama pomelo dan sudah cukup tersohor di mancanegara lho. Lantas, apa saja manfaat jeruk bali lainnya? Simak informasi berikut ini:
• Mencegah Penyakit Jantung
Salah satu manfaat jeruk bali untuk kesehatan yaitu mampu menurunkan risiko penyakit jantung.
Kandungan vitamin C pada jeruk bali berperan penting dalam menjaga kesehatan jantung.
Selain itu, jeruk bali juga mengandung kalium yang dapat membersihkan simpanan arteri yang terakumulasi dalam tubuh.
Agar mendapatkan hasil yang optimal, sebaiknya Moms mengonsumsi jeruk bali secara teratur.
Dengan begitu, jenis jeruk satu ini efektif mengurangi jumlah kolesterol jahat dalam tubuh dan meningkatkan kolesterol baik.
• Kontrol Tekanan Darah
Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah kondisi di mana tekanan darah berada pada nilai 130/80 mmHg atau lebih.
Kondisi ini menimbulkan gangguan kesehatan yang meningkatkan risiko penyakit kronis.
Beberapa gejala yang sering dirasakan penderita hipertensi seperti sakit kepala, lemas, masalah penglihatan, hingga sesak napas.
Seseorang yang memiliki penyakit tekanan darah tinggi juga sering dikaitkan dengan kolesterol tinggi.
Akibatnya, hal ini dapat memicu beragam penyakit lain, seperti jantung dan stroke.
• Memperbaiki sistem imun
Buah grapefruit memiliki Vitamin C yang sudah dikenal sebagai salah satu zat penjaga sistem imun yang terbaik. Konsumsinya dapat bantu menjaga sel-sel tubuh dari serangan virus dan bakteri.
Selain itu, terdapat vitamin A pada buah yang satu ini. Fakta ini diperkuat oleh penelitian dari Clinical Infectious Diseases yang menyatakan kandungan vitamin A dalam jeruk bali merah terbukti mampu melindungi tubuh dari peradangan dan berbagai penyakit menular.
Ditambah lagi, kandungan vitamin B, zinc, tembaga, dan zat besi mampu bertindak sebagai pelindung tubuh terhadap serangan infeksi.
• Menurunkan berat badan
Bagi Anda yang berencana untuk menurunkan berat badan, makan buah ini bisa menjadi salah satu pilihan terbaik. Sebab, buah ini mengandung sejumlah serat yang dapat membantu mengurangi asupan kalori.
Sebuah penelitian yang dimuat dalam Journal of Medicinal Food mempelajari total 91 orang dengan obesitas. Hasilnya menunjukkan mereka yang makan buah jeruk bali merah selama 12 minggu sebelum makan mengalami penurunan berat badan sekitar 1,6 kg.
Sementara orang yang tidak memakannya hanya mampu menurunkan 0,3 kg berat tubuhnya, menurut penelitian tersebut.
Namun, bukan berarti hanya dengan makan grapefruit saja berat badan sudah pasti akan turun. Sebaiknya, masukkan grapefruit ke dalam diet berat badan turun harian bersama makanan pendukung lainnya guna mendapatkan hasil yang optimal.
• Menjaga kesehatan rambut
Ada berbagai cara untuk mendapatkan manfaat jeruk bali merah: dimakan secara langsung, diolah menjadi makanan, atau diproses untuk dijadikan minyak.
Selain itu, buah ini bisa diolah menjadi minyak yang tak kalah bermanfaat untuk kesehatan, salah satunya untuk rambut.
Biasanya, minyak dari olahan buah grapefruit ini dimanfaatkan untuk memperindah kilau alami rambut, terutama pada rambut yang berminyak.