Mars: Hampir 7 Ton Limbah
Apakah ada orang di Mars?
Dari foto-foto yang dikembalikan oleh probe, Mars adalah dunia yang sangat sepi dan gersang, tanpa kehidupan, tidak ada Mars yang legendaris. Namun, meskipun tidak ada orang di Mars, para ilmuwan menemukan bahwa Mars telah lama berubah menjadi "tempat pembuangan sampah", ada hampir 7 ton limbah.
Apa yang terjadi? Tidak ada seorang pun di Mars, jadi mengapa ada sampah ini? Apakah itu dilemparkan oleh alien?
Bagaimana cara menghitung bahwa ada hampir 7 ton limbah di Mars? Angka yang satu ini dihitung oleh Cagri Kilic, seorang peneliti postdoctoral di robotika di West Virginia University. Tentu saja, bukan karena dia pergi ke Mars dan menimbang limbahnya, tetapi didasarkan pada statistik berdasarkan eksplorasi manusia di Mars.
Selama 50 tahun terakhir ini, kami telah meluncurkan sejumlah besar probe ke Mars, termasuk pengorbit, pendarat, penjelajah, dll. Hitung massa total probe ini untuk mengetahui berapa banyak limbah yang muncul di Mars!
Perhitungan Cagri Kilic menunjukkan bahwa manusia telah mengirim ke Mars sekitar 22.000 Pound (9.979 kg) probe, termasuk pengorbit, pendarat, dan penjelajah, dikurangi berat massa probe yang masih mengorbit Mars sebesar 6.306 Pound (2.860 kg), untuk mengetahui berat probe yang dikirim oleh manusia ke Mars di atas 15.694 Pound ( 7119 kg).
Limbah ini termasuk rovers yang jatuh di permukaan Mars tetapi juga mencakup beberapa rovers yang telah menyelesaikan misi eksplorasi mereka (misalnya, Opportunity rover, Courage rover, dll.), selain beberapa perangkat keras yang dibuang di atas Mars (misalnya, parasut deselerator, platform pendaratan, dll.).
Oleh karena itu, kemunculan begitu banyak sampah di Mars telah berubah menjadi "tempat pembuangan sampah", bukan karena alien telah membuang sampah di Mars, tetapi karena peradaban manusia telah meninggalkan jejak di Mars.
Para ilmuwan sedikit khawatir tentang kemunculan sampah ini di Mars. Karena salah satu tujuan eksplorasi Mars kita adalah untuk mencari tanda-tanda potensial kehidupan di Mars, dan kemunculan artefak ini dapat "mencemari" lingkungan Mars, sehingga mempengaruhi penilaian kita terhadap kehidupan di Mars.
Alasan untuk ini adalah bahwa meskipun rover dikembangkan dengan memperhatikan debu dan sterilisasi, tidak dapat dihindari bahwa beberapa mikroorganisme akan mematuhi rover dan mengikutinya ke Mars. Ketika penjelajah membawa mikroorganisme dari bumi ke Mars, mikroorganisme ini mengalami kesulitan beradaptasi dengan lingkungan Mars dan mati secara langsung, atau mereka beradaptasi dengan lingkungan Mars dan bertahan hidup.
Karena lingkungan Mars agak berbeda dari bumi, seperti radiasi kosmik yang lebih kuat, perbedaan suhu yang lebih besar antara siang dan malam, dan lingkungan yang lebih kering di Mars, hal itu dapat menyebabkan berbagai mutasi mikroorganisme ini.
Hasil akhirnya adalah jika kita menemukan tanda-tanda kehidupan di Mars, ada dua kemungkinan skenario. Skenario pertama adalah bahwa mikroorganisme ini mungkin hanya mikroorganisme dari bumi dan bukan yang ada di Mars.
Skenario kedua adalah bahwa mikroorganisme yang ditemukan di Mars sebenarnya berasal dari Mars, tetapi mungkin sulit untuk mengetahui apakah mikroorganisme ini berasal dari Mars atau dari Bumi. Jadi kehadiran limbah ini dapat mempengaruhi penilaian kita.