Biskuit
Ada banyak jajanan snack sehat di luar sana, salah satunya biskuit. Sementara ada banyak produk biskuit dengan harga kurang ekonomis, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah.
Cara membuat biskuit dengan citarasa krispi dan kering tidaklah sulit. Bahkan, bahan-bahannya bisa dengan mudah Anda temui di dapur.Biskuit merupakan produk kering dengan daya awet relatif tinggi. Selain itu, biskuit memiliki volume yang ringan akibat adanya proses pengeringan. Secara fisik, biskuit memiliki permukaan yang agak licin dengan tekstur renyah dan ringan.Untuk membuat biskuit terbilang mudah, Anda hanya perlu menyiapkan bahan pengikat dan bahan pembuat tekstur. Secara umum, bahan pengikat adalah tepung, susu, dan sebagainya. Sementara, untuk bahan pembuat tekstur, terdiri dari gula, kuning telur, dan lainnya.
Untuk lebih jelas mengenai cara membuat biskuit kering, Anda bisa melihat rekomendasi resep sederhana berikut.
Bahan-Bahan yang diperlukan:
· 450 gram tepung terigu protein rendah
· 100 gram susu bubuk
· 100 gram coklat bubuk
· 1 sendok kecil soda kue
· 2 butir telur dikocok sebentar
· 200 gram mentega tawar yang dibekukan kemudian diiris kecil-kecil
· 200 mili liter air es dingin
· Garam secukupnya
Cara Membuat:
Campurkan bahan-bahan, seperti tepung terigu, soda kue, dan garam, kemudian aduk rata dan aduk ayak
Jika sudah, masukan susu bubuk beserta coklat bubuk dan aduk kembali.
Masukan mentega tawar yang telah disiapkan kemudian aduk kembali hingga menyerupai butiran-butiran.
Tuangkanlah air dingin namun sebagian dahulu dan aduk hingga adonan tercampur rata. Jika sudah tuangkan sisanya sambil diaduk hingga adonan bisa dibentuk.
Jika sudah gilinglah adonan menjadi tipis kemudian bisa dicetak sesuai dengan selera anda
Siapkan loyang yang sudah diolesi mentega kemudian taruh adonan yang sudah dicetak di atasnya.
Pangganglah hingga matang dan kering kira-kira setengah jam di dalam oven.
Tips Untuk Membuat Biskuit yang Sempurna
Cara membuat kue biskuit tidaklah sama seperti membuat jenis kue yang lainnya. Seperti yang kita tahu bahwa biskuit termasuk ke dalam jenis kue kering yang memiliki karakteristik kering dan juga renyah. Untuk itu, membuat kue kering seperti biskuit terdapat beberapa cara yang harus anda perhatikan.
Saya akan berbagi beberapa tips ketika anda akan membuat biskuit, berikut adalah beberapa tips terbaik yang koki kue kering miliki, di antaranya:
Buatlah biskuit menggunakan self rising flour (terigu yang sudah dicampur dengan bahan pengembang, soda kue dan garam). Biskuit yang dibuat dengan self rising flour akan mengembang lebih baik daripada yang menggunakan terigu serba guna.
Campurkan sedikit terigu khusus kue. Terigu kue lebih lembut dibandingkan terigu serba guna. Dengan mencampurkan tepung serba guna dengan tepung kue akan menghasilkan biskuit yang lebih lembut dan ringan.
Buatlah angel biskuit yang lembut dan ringan. Angel biskuit memiliki tekstur yang ringan yang dibuat dengan menggunakan ragi dan soda kue untuk mengembangkan adonan.
Gunakan jalan pintas dengan mengunakan adonan panggang siap pakai. Adonan panggang siap pakai mengandungkan berbagai bahan dasar yang bisa digunakan untuk berbagai resep makanan panggang yang berbeda, termasuk biskuit. Kita bisa menggunakan adonan siap panggang untuk membuat biskuit dengan cara mencampurkan adonan dengan mentega, susu dan soda kue.
Demikianlah cara membuat biskuit yang enak dan juga lezat. Kini anda bisa lebih berhemat dengan memilih membuat biskuit sendiri di rumah untuk cemilan keluarga anda yang tentunya lebih terjamin sehat.
Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda, selamat mencoba!!