Donat Pink
Donat atau roti goreng bisa dibentuk, diisi dan diberi olesan atau topping sesuai selera. Ajak anak-anak membuat kreasi donat favoritnya. Saat menggoreng donat pastikan memakai minyak banyak dengan api kecil agar donat mengembang dan matang kuning kecokelatan.
Bahan-bahan:
- 250 gr tepung terigu pro sedang
- 1 butir kuning telor
- 4 gr ragi instant
- 30 gr gula pasir
- 20 gr susu bubuk
- 125 ml air
- 35 gr margarin
- Sejumput garam
- Toping
- Buttercream
- Ceres warna pink
Siapkan bahan:
Campurkan semua bahan kecuali margarin dan garam. Tuang air sedikit - sedikit uleni hingga setengah kalis. Kadar air di sesuaikan dengan kelembaban tepung.
Masukan margarin dan garam uleni hingga kalis elastis. Gunakan mixer dengan kecepatan sedang. Diamkan kurleb 10 menit. Tutup dengan serbet.
Menunggu adonan mengembang. Siapkan potongan kertas taburi tepung secukupnya.
Setelah mengembang kempiskan adonan. Potong dan timbang @ 35 gr. Bulatkan dan pipihkan. Lubangi bagian tengahnya gunakan spluit. Celupkan spluit ke dalam tepung sebelom di gunakan.
Diamkan adonan kurleb 45 menit atau sesuai suhu masing - masing. Tutup dengan serbet. Goreng donat dengan api kecil, sekali balik. Angkat dan tiriskan. Olesi dengan buttercream dan taburi ceres.
- Kamu butuh 260 g tepung terigu protein tinggi
- Gunakan 30 g tepung maizena
- Ambil 1 sdm susu bubuk
- Gunakan 45 g gula pasir
- Gunakan 6 g ragi instant
- Siapkan 1 butir telur
- Gunakan 100 ml susu cair dingin
- Sediakan 40 g margarin
- Ambil 1/2 sdt garam
Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari Donat Maizena Coklat Kacang Plus Pink Manja, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan Donat Maizena Coklat Kacang Plus Pink Manja yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan istimewa. Setelah menyiapkan semua bahan-bahan yang dibutuhkan, kita lanjut dengan membuat Donat Maizena Coklat Kacang Plus Pink Manja sesuai langkah-langkah berikut.
LANGKAH 1
Siapkan mangkok masukkan tepung terigu, tepung maizena, susu bubuk, gula pasir dan ragi instant juga telur. Aduk rata. Tuang susu cair sedikit demi sedikit sampai teksturnya pas.
LANGKAH 2
Uleni sampai kalis, masukkan garam dan margarin. Uleni sampai kalis elastis. Bulatkan adonan tutup dengan plastik wrap.
LANGKAH 3
Biarkan mengembang 2 x lipat, kempeskan, bagi adonan menjadi 18 buah @26 gr atau sesuai selera.
LANGKAH 4
Bulatkan, taruh di atas kertas baking (tabur dengan tepung terigu, tp jika pakai yg kualitas bagus tidak perlu ditabur) gilas tipis bulat, lobangi dengan pangkal spuit. Tutup dengan plastik wrap sampai mengembang.
LANGKAH 5
Panaskan minyak, lepaskan donat dari kertas baking masukkan kedalam minyak panas api sedang. Jika satu sisi sudh kecoklatan langsung di balik sekali saja. Angkat dinginkan.
LANGKAH 6
Untuk glazirnya, blender gula jg halus, kemudian tuang susu dan pewarna sedikit aduk sampai kental. Celup donat kedalam glazir. Tiriskan hg tidak menetes lg.
Selamat mencoba!