Teh Lemon Kumquat
Teh lemon kumquat adalah minuman dengan bahan utama kumquat dan lemon, dengan rasa manis dan asam, yang sangat populer di kalangan masyarakat. Teh lemon kumquat juga kaya akan vitamin, yang baik untuk tubuh manusia. Selain membelinya, Anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah, dan berikut cara pembuatannya.
Kumquat adalah sejenis buah manis dan asam. Saat iklim kering, dapat melembabkan paru-paru dan meredakan batuk serta memperlancar pencernaan. Buahnya juga dibuat selai dan diawetkan, serta bisa dimakan kapan saja, di mana saja. Efektif, enak, dan murah!
Metode pertama:
Bahan:
8 kumquat
setengah lemon
3 gula batu
jumlah air yang sesuai
Berikut cara membuatnya :
1. Cuci kumquat, peras 5 buahnya hingga menjadi jus, dan gunakan pisau untuk membuat 5-6 bekas pisau pada 3 buahnya, agar jus yang ada di dalam buah kumquat bisa mengalir keluar.
2. Potong setengah lemon menjadi 3 irisan untuk digunakan, dan peras sisa jus lemon.
3. Masukkan 3 buah air perasan kumquat, air jeruk lemon, dan gula batu ke dalam cangkir, tuang 1/4 bagian air mendidih dan aduk rata, lalu tambahkan kumquat, lanjutkan dengan menambahkan air panas hingga kira-kira 3/4 airnya, dan teh lemon kumquat siap diminum.
Metode dua:
Bahan:
8 kumquat
setengah lemon
fruktosa dalam jumlah yang sesuai
2 buah plum
Cara membuat:
1. Peras jus dari 5 kumquat, dan buat 5-6 bekas pisau pada 3 kumquat.
2. Masukkan jus kumquat, jus lemon, fruktosa, dan plum ke dalam cangkir, tuangkan 1/4 cangkir air mendidih dan aduk rata, lalu tambahkan es batu dan aduk rata.
Selain dua cara di atas, Anda juga bisa menggunakan cara yang lebih praktis, yaitu membuat selai kumquat lemon terlebih dahulu, masukkan selai ke dalam toples kedap udara, dan bila ingin meminum minuman lemon kumquat, ambil selainya dengan sendok, campur dengan Air dan teh lemon kumquat siap disantap.
Cara pembuatan selai kumquat lemon yakni,
1. gosok kumquat tiga sampai empat kali dengan garam.
2. Potong kumquat yang sudah dibersihkan menjadi dua dan buang bijinya (Beberapa orang suka merebus biji kumquat bersama-sama. Dikatakan bahwa
biji ini memiliki efek meredakan batuk yang jauh lebih baik daripada kumquat).
3. Masukkan kumquat ke dalam panci masak dan tambahkan air (Airnya harus melebihi kumquat).
4. Tambahkan gula batu dan didihkan. Kecilkan api dan lanjutkan memasak. Potong lemon menjadi dua, ambil jus lemon, dan peras ke dalam panci
kumquat (Kulit lemon yang diperas juga bisa direbus dalam panci, yang akan meningkatkan aroma lemon, dan lemon memiliki efek menjaga segar).
5. Rebus sampai mengental menjadi saus, biarkan dingin dan masukkan ke dalam toples kedap udara, dan masukkan ke dalam lemari es untuk
pengawetan.
Jika Anda tidak suka membuang bijinya dan suka memakan daging buah kumquat dalam jumlah besar, Anda bisa mencuci seluruh kumquat dengan garam dan merebusnya bersama-sama.