Kue Lapis Coklat
Kue lapis cokelat yang terbilang simpel ini cocok untuk hadiah ulang tahun anak. Bahan untuk membuat kue ulang tahun cokelat bisa kamu temukan di minimarket. Kamu dapat menambahkan hiasan lain selain frosting misalnya irisan buah segar, Oreo, dan cokelat serut.
Cara membuat kue lapis cokelat bisa mengikuti resep ini:
Bahan kue:
- 180 ml minyak sayur
- 160 gram tepung terigu serbaguna
- 250 gram gula pasir
- 1 3/4 sdt baking powder
- 1/4 sdt baking soda
- 1 1/2 garam kosher (bisa ganti garam dapur)
- 62 gram bubuk cokelat tanpa gula
- 2 butir telur besar
- 235 ml susu cair
- 1 3/4 sdt ekstrak vanili
Bahan frosting:
- 115 gram chocolate chips setengah manis (bisa diganti cokelat batang, cincang kasar)
- 120 ml heavy cream
- 115 cream cheese, suhu ruang
-32 gram gula bubuk
Cara membuat kue lapis cokelat:
Panaskan oven dengan suhu 163 derajat celsius. Siapkan loyang bundar diameter 22-23 sentimeter. Olesi dengan minyak atau margarin leleh, alasi dengan kertas roti. Ratakan. Sisihkan.
Siapkan wadah besar. Masukkan terigu, garam, baking soda, baking powder, dan gula pasir. Masukkan ayakan cokelat bubuk. Aduk rata pakai ballon whisk.
Pada wadah lain masukkan telur, ekstrak vanili, dan minyak. Kocok rata. Tuang ke dalam campuran tepung. Aduk rata pakai spatula.
Hangatkan susu, tidak usah sampai mendidih. Angkat. Tuang ke dalam adonan, aduk rata. Jangan terlalu lama mengaduk.
Tuang adonan ke dalam loyang. Pastikan tidak ada gelembung adonan.
Panggang adonan selama 40-50 menit sampai matang. Masukkan tusuk gigi ke dalam adonan, angkat. Kalau tidak ada adonan menempel berarti kue sudah matang. Biarkan dingin.
Frosting: campur chocolate chips dengan heavy cream. Panaskan dengan metode double boiling. Masak dan aduk sampai cokelat leleh selama 25 menit. Alternatifnya, gunakan microwave untuk melelehkan cokelat.
Mikser cream cheese, gula bubuk, sejumput garam, dan ekstrak vanili. Tuang cokelat leleh, mikser lagi sampai tekstur adonan kaku. Hias kue dengan frosting. Potong dan sajikan.
Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara membuat kue lapis coklat yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!