Krisis Keju
Pada 24 Oktober, waktu setempat, otoritas keamanan dan nutrisi makanan Spanyol melaporkan bahwa beberapa produk keju di pasaran di negara itu mengandung racun stafilokokus dan telah didistribusikan di beberapa wilayah Spanyol.
Pihak berwenang melaporkan bahwa Spanyol belum mencatat kasus apa pun yang terkait dengan produk tersebut. Otoritas kesehatan telah memperingatkan bahwa penduduk yang telah membeli sejumlah produk keju yang mungkin mengandung racun dapat mengembalikannya ke tempat pembelian, dan mencari pertolongan medis segera jika mereka telah makan sejumlah produk keju yang mungkin mengandung racun dan mengalami gejala.
Infeksi staph disebabkan oleh Staphylococcus aureus, bakteri yang biasanya muncul di kulit atau di lubang hidung, bahkan pada orang sehat. Dalam kebanyakan kasus, bakteri ini tidak menyebabkan masalah atau menyebabkan infeksi kulit yang relatif ringan.
Tetapi infeksi staph juga bisa berakibat fatal jika bakteri menyerang tubuh dan masuk ke dalam darah, sendi, tulang, paru-paru, atau jantung. Semakin banyak orang sehat menderita infeksi staph yang mengancam jiwa.
Keracunan Makanan
Staphylococcus adalah salah satu penyebab keracunan makanan yang paling umum. Timbulnya gejala cepat, biasanya dalam beberapa jam setelah mengkonsumsi makanan yang terkontaminasi. Gejala juga biasanya hilang dengan cepat, biasanya hanya berlangsung setengah hari.
Infeksi staph dalam makanan biasanya tidak menyebabkan demam. Tanda dan gejala infeksi staph ini meliputi:
mual dan muntah
diare
dehidrasi
tekanan darah rendah
Sindrom Syok Toksik
Kondisi yang mengancam jiwa ini disebabkan oleh racun yang dihasilkan oleh strain Staphylococcus tertentu dan telah dikaitkan dengan jenis tampon, luka kulit, dan prosedur pembedahan tertentu. Biasanya terjadi secara tiba-tiba, dengan gejala berikut:
demam tinggi
mual dan muntah
ruam pada telapak tangan dan telapak kaki yang menyerupai sengatan matahari
sakit otot
diare
sakit perut
Bakteremia
Bakteremia, juga disebut infeksi aliran darah, terjadi ketika bakteri staph memasuki aliran darah. Tanda-tanda bakteremia adalah demam dan hipotensi. Bakteri dapat masuk jauh ke dalam tubuh dan menyebabkan infeksi yang mempengaruhi:
Organ internal seperti otak, jantung, atau paru-paru
tulang dan otot
Perangkat implan pembedahan seperti sendi buatan atau alat pacu jantung