Pancake Berbagai Negara
Berbentuk bulat tipis gepeng gurih dan manis, pancake atau panekuk menjadi makanan yang ringan namun mengenyangkan.
Pancake bisa jadi makanan praktis yang mudah dibuat untuk sarapan atau kudapan manis saat waktu senggang di rumah. Di Eropa dan Amerika pancake kerap disajikan sebagai menu sarapan. Di Indonesia pancake tidak hanya disajikan saat sarapan namun menjadi camilan ringan yang mengenyangkan. Teksturnya yang empuk gurih dan manis membuat siapa saja suka dengan roti gepeng satu ini. Pancake juga sangat mudah dibuat di rumah karena bahannya yang mudah didapat dan tidak begitu ribet dalam pembuatannya. Pancake juga menjadi andalan para ibu saat membuat camilan untuk anaknya.
Berikut pancake dari berbagai belahan dunia :
• Pannukakku, Finlandia
Finlandia juga memiliki pancake bernama Pannukaku. Pancake ini memiliki adonan puding di tengahnya. Pannukaku biasanya disajikan untuk sarapan atau dessert. Disajikan dengan potongan buah beri, krim, selai, dan gula bubuk.
• Gamjajeon, Korea
Berbahan dasar kentang, pancake ini juga berisi sayuran lalu digoreng dengan minyak hingga berwarna kecokelatan. Gamjajeon disajikan sebagai menu pembuka atau bisa dijadikan sebagai cemilan. Rasa gurih dan lembut gamjajeon sangat digemari masyarakat Korea. Gamjajeon yang paling terkenal ada di daerah Gangwon do. Gamjajeon sendiri biasanya dimakan dengan choganjang, saus yang dibuat dari kecap dan cuka.
• Fluffy Pancake, Jepang
Pancake yang memiliki tekstur lembut seperti spons cake ini sedang hits di kalangan pencinta makanan. Tak seperti pancake biasanya yang gepeng, pancake ini memiliki bentuk yang lebih tebal dengan rasa yang lezat dan lembut dan lumer di mulut. Rahasia dari fluffy pancake adalah kocokan telur pada adonannya dan tidak menggunakan tepung terigu pada umumnya. Dalam penyajiaannya fluffy pancake ditaburi gula halus atau bisa diberi sirup maple.
• Farinata, Italia
Pancake khas Italia yang satu ini terbuat dari tepung kacang, minyak zaitun, dan air. Diaduk hingga tercampur rata kemudian dipanggang dalam wajan dari tembaga. Farinata memiliki tekstur renyah di luar tapi lembab di dalam.
• Serabi, Indonesia
Serabi merupakan pancake khas Indonesia yang terbuat dari tepung beras dan santan kental. Serabi biasanya dicetak menggunakan wajan dari gerabah di atas api arang. Biasanya, serabi disajikan dengan aneka topping seperti taburan meses cokelat dan parutan keju.
• Hotteok, Korea Selatan
Hotteok merupakan pancake khas Korea yang berisikan kacang pinus, bubuk kayu manis, dan gula. Namun, kamu bisa mengganti isi hotteok dengan pasta kacang merah atau selai cokelat.
• Roti Canai, India
Roti canai atau biasa disebut roti maryam banyak ditemui di India dan Timur Tengah. Roti ini biasa dipadukan dengan kuah kari. Di India roti yang memiliki rasa gurih ini bisa dibilang menjadi makanan yang wajib ada saat ada di rumah maupun dalam acara resmi dan perayaan hari keagamaan.
• Crepes, Prancis
Seperti pada jenis pancake yang lain, crepes juga terbuat dari tepung terigu, telur, mentega, garam dan susu. Berbeda dengan crepes yang dijual di Indonesia yang garing dan renyah, crepes di Prancis memiliki tekstur yang lembut. Di Prancis ada 2 jenis crepes, yakni crepes asin; biasa dimakan dengan cara digulung dan diberi isian seperti keju, daging dan lainnya dan crepes manis; biasanya dengan toping buah buahan, selai, cokelat dan lainnya.
Itulah jenis pancake dari berbagai negara. Apakah kamu sudah pernah mencoba semuanya? Semoga bermanfaat!