Warna Pohon
Begitu musim gugur, daunnya mulai berwarna-warni. Mereka telah berubah dari hijau menjadi merah, oranye atau kuning. Proses perubahan warna sama ajaibnya dengan sihir. Jadi mengapa daun berubah warna di musim gugur?
Untuk memahami mengapa daun berubah warna di musim gugur, pertama-tama, kita harus memahami mengapa mereka berwarna hijau.
Di alam, daun tanaman mengandung klorofil. Di bawah aksi klorofil, daun menyerap energi di bawah sinar matahari dan mengekstrak nutrisi dari air dan karbon dioksida. Klorofil menempati posisi penting pada tumbuhan. Klorofil dalam tanaman terlibat dalam fotosintesis. Ini dapat menyerap sebagian besar cahaya merah dan ungu, dan memantulkan cahaya hijau, sehingga klorofil berwarna hijau.
Seperti zat lain, klorofil terus-menerus mensintesis dan membusuk. Ini membutuhkan cahaya yang kuat dan suhu tinggi selama proses sintesisnya. Pada musim semi dan musim panas, karena sintesis klorofil lebih besar dari jumlah dekomposisi, klorofil dapat ditambah pada waktunya. Pada musim gugur dan musim dingin, jumlah sintesis kurang dari dekomposisi, dan klorofil yang terurai tidak dapat ditambah. Karena itu, inilah mengapa daunnya berwarna hijau di musim semi, dan kuning di musim gugur.
Bagi bumi, itu seperti paru-paru di tubuh manusia. Menyerap banyak gas beracun dan berbahaya bagi kita, dan terus menerus melepaskan udara segar yang perlu kita gunakan untuk napas kita.
Selain memberi manusia oksigen, pohon juga akan melakukan efek mengukus. Pepohonan akan melembabkan udara, seolah-olah pelembab alami membuat lingkungan kita lebih nyaman. Selain itu, di daerah yang lembab, penanaman pohon skala besar dapat secara efektif mengurangi permukaan air tanah, sehingga mengeringkan tanah. Singkatnya, menanam pohon di tempat yang terlalu kering atau terlalu lembab dapat berperan dalam mengatur keseimbangan kelembaban.
Bagi manusia, seseorang dapat bertahan hidup di atas usia 100 dan sudah bisa disebut sangat panjang umur. Saat ini, pohon terbesar yang ditemukan manusia dapat tumbuh setinggi lebih dari lima meter. Dan pohon jenis ini memiliki umur yang panjang, dan biasanya dapat bertahan selama ribuan tahun.
Tinggi dan bentuk pohon juga ditentukan oleh gen seperti manusia. Namun, situasi pertumbuhan spesifik masih akan dipengaruhi oleh berbagai faktor eksternal dari lingkungan pertumbuhan pohon. Misalnya, cahaya dan kelembaban merupakan faktor penting yang mempengaruhi pertumbuhan pohon. Selain itu, ketinggian pohon juga terkait dengan ketebalan tabung tipis ban dalam pohon.
Ada banyak rahasia kecil dari cincin pohon tahunan, seperti mengidentifikasi arah. Jadi apa cincin tahunan? Dalam setiap siklus pertumbuhan pohon, pohon akan membentuk lapisan kayu konsentris di sekitarnya. Kontur cincin yang tumbuh ini disebut cincin tahunan. Selama pertumbuhan pohon, karena dampak lingkungan sekitarnya dan perubahan kondisi iklim, cincin tahunan yang terbentuk berbeda. Selama pertumbuhan pohon, cahaya di sisi selatan lebih memadai dan lebih kondusif untuk pertumbuhan radial, sehingga cincin tahunan di sisi selatan akan lebih luas. Sebaliknya, cincin tahunan di utara lebih sempit. Karena itu, ketika kita tersesat di hutan, kita dapat mengidentifikasi arah sesuai dengan lebar cincin tahunan.