Penyimpanan Pita Kaset
Pita magnetik adalah bahan seperti pita pembawa lapisan magnetik yang digunakan untuk merekam suara, gambar, sinyal digital atau lainnya, dan merupakan bahan perekam magnetik yang paling produktif dan banyak digunakan.
Jika kaset disimpan dengan tidak benar, maka akan mengakibatkan hilangnya data yang disimpan. Misalnya, jangan menggabungkannya dengan produk elektronik yang memiliki efek medan magnet kuat seperti ponsel, komputer, TV, oven microwave, radio, lemari es, dll.
Selain itu, untuk menghindari kerusakan fisik pada strip magnetik, seperti tertekan, terlipat, tergores, kotor, dll, maka jauhi tempat-tempat dengan suhu yang terlalu tinggi.
Beberapa kaset asli perlu dibersihkan setelah disimpan dalam waktu lama; kaset yang dibeli dari tempat-tempat lain untuk digunakan dan dikumpulkan juga perlu dibersihkan. Setelah debu dan oksida dihilangkan, rekaman itu dapat di putar dengan hasil yang lebih jernih dan baik.
Keluarkan pita yang akan dibersihkan, pertama-tama gunakan kain lembut yang dicelupkan ke dalam air untuk menyeka permukaan kotak luar pita dengan hati-hati, lalu bersihkan dinding bagian dalam kotak luar pita sampai sisi dalam. Lepaskan bagian selotip, kemudian bersihkan permukaan selotip dengan hati-hati menggunakan kain lembut yang dibasahi dengan air. Berhati-hatilah agar air tidak masuk ke dalam selotip.
Keluarkan tape recorder kecil, kemudian masukkan kaset ke dalam tape recorder, lalu tekan tombol mundur cepat untuk memundurkan kaset sampai akhir, dan tekan tombol maju cepat untuk membuat kaset maju sampai akhir.
Ulangi tindakan ini beberapa kali untuk menghilangkan oksida atau kotoran kecil lainnya pada pita.
Keluarkan busa persegi yang telah disiapkan sebelumnya dan klip logam besar, lalu tekan kedua pegangan penjepit klip ke dalam busa persegi untuk digunakan.
Keluarkan pita dari tape recorder kecil, lalu jepit pita pada klip logam, dan masukkan pensil melalui lubang di pita. Jangan lupa untuk perhatikan ketebalan pensil dan lubang pita.
Tekan kapas yang dicelupkan ke dalam alkohol anhidrat pada pita dengan ringan, maka pita-pita akan bersentuhan langsung dengan kapas. selanjutnya, putar perlahan-lahan pensil dengan tangan yang lain, sehingga pensil dapat menggerakkan pita untuk berputar, dan yang terakhir, biarkan kapas untuk menghilangkan oksida dan partikel kecil lainnya pada pita.
Beberapa penyeka alkohol perlu diganti selama proses pembersihan. Lepaskan selotip dari klip dan tempatkan selotip yang sudah dibersihkan ke dalam kantong plastik bening kecil, kemudian keluarkan sebanyak mungkin udara dari dalam kantong.
Setelah memasukkan selotip ke dalam kantong plastik kecil, periksa kebocoran udara pada kantong. Setelah memastikan tidak ada kebocoran udara, tutup kantong dengan selotip (untuk mencegah udara masuk ke selotip yang teroksidasi).
Itulah beberapa tips-tips agar pita tetap terjaga dan rekaman dapat di putar dengan jernih dan lebih baik.Selamat mencoba!