Manfaat Semangka
Saat cuaca panas dan terik minta ampun, buah semangka jadi salah satu pelepas dahaga yang diincar banyak orang. Usut punya usut, buah ini punya segudang khasiat. Penasaran apa saja manfaat buah semangka dan kandungan nutrisi di dalamnya?
·Membantu Hidrasi Tubuh
Minum air putih bisa membantu tubuh Anda terhidrasi dengan baik. Tak hanya dari air putih, mengonsumsi makanan dengan kandungan air yang tinggi juga dapat membantu menjaga hidrasi tubuh.
Semangka terdiri atas 92% air. Karenanya, buah ini bisa membuat tubuh terhindar dan menurunkan risiko dehidrasi. Kandungan air yang tinggi di dalamnya juga bisa membuat Anda kenyang lebih lama.
·Meredakan Nyeri Otot
Jika Anda gemar berolahraga, semangka juga bisa memberikan manfaat ekstra bagi pemulihan tubuh. Pasalnya, semangka sangat baik untuk mengatasi nyeri otot.
Tidak hanya itu, jus semangka bahkan terbukti secara ilmiah lebih cepat memulihkan detak jantung kembali normal jika dibandingkan jenis minuman lainnya.
·Mencegah Pembentukan Batu Ginjal
Kandungan kalium pada buah semangka yang tinggi ternyata dapat membantu melepaskan endapan racun dalam ginjal. Bahkan, kalium juga diketahui dapat mengurangi asam urat dalam darah. Dengan begitu, risiko pembentukan batu ginjal pun ikut berkurang.
Sementara itu, senyawa antioksidan dalam semangka juga memberikan manfaat terhadap kesehatan ginjal. Namun, Anda tetap perlu berhati-hati karena terlalu banyak asupan kalium justru bisa berbahaya, terutama untuk pasien sakit ginjal.
·Mengatasi Peradangan
Kandungan likopen pada semangka telah terbukti secara ilmiah dapat meredakan peradangan. Selain itu, kombinasi antara likopen dan vitamin C sebagai antioksidan juga dapat meningkatkan kadar antioksidan di dalam tubuh.
·Meningkatkan Kesehatan Rambut Dan Kulit
Sudah bukan rahasia umum lagi bila vitamin A dan C yang bisa Anda jumpai pada buah semangka sangat bermanfaat bagi kulit dan rambut.
Vitamin C adalah salah satu vitamin yang berperan penting dalam menyembuhkan jaringan ikat dan meningkatkan produksi kolagen. Sedangkan, vitamin A dapat membantu memperbaiki sel kulit dan membuatnya tetap muda, serta kenyal.
·Menurunkan Risiko Kanker
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa likopen, zat yang terdapat dalam semangka, berhubungan dengan risiko kanker prostat lebih rendah.
Hal itu karena semangka tinggi akan kandungan vitamin C. Vitamin ini dapat menurunkan risiko kanker dengan melawan radikal bebas.
Tak hanya itu, cucurbitacin E dalam semangka dinilai bisa menghambat pertumbuhan tumor.
Demikian beberapa manfaat semangka untuk kesehatan yang sayang jika Anda lewatkan. Jadi, sudahkah Anda mengonsumsi semangka hari ini?