Manfaat Blewah
Blewah adalah tumbuhan penghasil buah yang banyak digunakan sebagai minuman penyegar di Asia Tenggara, selain timun suri dan kolang-kaling. Blewah sejenis dengan melon namun berbeda kelompok budidaya. Ia berbentuk liana, seperti juga labu dan mentimun.
Blewah umumnya berbentuk bulat lonjong, dengan kulit berwarna jingga terang dengan bercak kehijauan. Di balik kulit buah yang tipis, terdapat daging buah yang relatif lembut dan bertekstur. Di bagian dalamnya terdapat rongga yang berisi biji dan serat.
Blewah dapat dengan mudah ditemukan di pasar tradisional, sementara blewah yang sudah diolah sebagai campuran minuman es, bisa ditemukan di berbagai tempat keramaian, seperti pasar, sekolah, warung, dan sebagainya.
Di saat bulan puasa Ramadhan, penjualan blewah dan timun suri relatif meningkat karena telah menjadi semacam tradisi di Indonesia untuk menyediakan minuman buah segar pada saat berbuka puasa, yang salah satu bahan utamanya adalah blewah.
Saat bulan Ramadan,salah satu buah yang disukai untuk menu takjil adalah buah blewah atau cucumis melo. Rasanya yang segar dan unikmembuat buah ini sangat diminati. Nyatanya buah ini tidak hanya lezat dan menyegarkanmanfaat buah ini juga menakjubkan. Berikut ulasan tentang manfaat blewah bagi kesehatan.
·Mencegah Degenerasi Makula Terkait Usia
Lutein dan zeaxanthin merupakan dua antioksidan serupa dan pigmen tumbuhan yang memberi warna kuning ke merah pada buah dan sayuran, seperti buah blewah.
Kombinasi antioksidan tersebut dapat membantu menyaring sinar cahaya biru yang berbahaya. Selain itu, zat ini memainkan peran pelindung dalam kesehatan mata dan dapat membantu mencegah kerusakan akibat degenerasi makula terkait usia (AMD).
·Mengingkatkan penglihatan
Mengonsumsi blewah setiap hari dapat menyehatkan mata, serta mengurangi risiko mata katarak, dan degenerasi makula (penyakit mata yang dapat menyebabkan kehilangan penglihatan).
·Membantu perkembangan janin
Folat merupakan salah satu nutrisi paling penting untuk kehamilan, karena dapat mencegah cacat saraf pada bayi. Selain itu, juga dapat meningkatkan produksi sel darah merah pada tubuh dan menjaga kesehatan ibu dan bayi yang dikandungnya.
·Menjaga Kesehatan Kulit
Melansir Journal of Cosmetic Dermatology, mengoleskan antioksidan pada kulit dapat memperlambat proses penuaan.
Meskipun menggunakan produk perawatan kulit yang tinggi vitamin A dan vitamin C, yang juga bisa didapat dengan mengonsumsi makan atau buah-buahan yang mengandung vitamin tersebut, seperti buah blewah.
·Melancarkan Pencernaan
Memiliki saluran pencernaan yang sehat membantu menangkal kondisi seperti divertikulitis dan sindrom iritasi usus besar (IBS).
Untuk mencegahnya Moms cukup konsumsi buah blewah. Sebab, buah ini mengandung serat larut dan tidak larut, yang bekerja sama untuk kesehatan usus, membantu mencegah sembelit, dan menjaga kesehatan saluran pencernaan.
·Anti-kanker
Terdapat penelitian yang menunjukkan bahwa folat memiliki peran penting untuk mencegah kanker. Folat mungkin berguna bila diberikan pada pengidap kanker stadium awal, namun folat dapat mendorong pembentukan sel-sel kanker ketika dikonsumsi pada stadium akhir.
Buah blewah selain memberikan kesegaran, ternyata memiliki banyak manfaat ya. Jadi, apakah Moms tertarik mengonsumsi buah ini? Selamat mencoba!