Peran Besar Danau
70% di permukaan bumi adalah air, 30% adalah tanah, dan ada banyak sungai dan danau di darat. Ada lebih dari tiga juta Danau dengan ukuran berbeda di dunia, dan masing-masing memiliki karakteristik yang berbeda. Danau itu seperti mutiara cerah bertatahkan di permukaan, dan mereka memainkan peran penting dalam kehidupan manusia. Apakah Anda tahu bagaimana danau terbentuk?
Danau ini terbentuk oleh akumulasi air di darat. Di bawah aksi gerakan struktur kerak, gletser, dan stasis sungai, permukaan membentuk banyak tanah cekung, dan akumulasi air telah menjadi danau.
Di bawah pengaruh kondisi alam, cekungan danau, air danau, dan interaksi material dan kendala bersama di danau, dan Danau terus berkembang.
Air danau adalah bagian penting dari sumber daya air global. Total luas danau di bumi adalah sekitar 205.8700 kilometer persegi, dan total volume air sekitar 176.400 kilometer kubik. Danau ini terus diperbarui, dan siklus pembaruan danau yang berbeda berbeda. Panjang siklus pembaruan danau terkait dengan volumenya terkait dengan jalannya danau dan limpasan tahunan keluar dari danau.
Sebagai bagian dari ekosistem alam, Danau terkait erat dengan hubungan antara biosfer, atmosfer, dan cincin batu, dan itu adalah hiasan yang sangat diperlukan di alam. Jadi, apa peran danau? Hari ini, mari kita lihat arti danau.
1. Danau dapat menyediakan sumber daya air dan sumber daya garam
Sebagai bagian penting dari ekosistem lahan basah, danau dapat menyediakan sumber daya air seperti air produksi industri, air kehidupan di masyarakat dan air irigasi pertanian, dan memastikan kebutuhan produksi dan kehidupan masyarakat. Danau adalah tempat penting bagi manusia untuk bertahan hidup.
Selain itu, Danau dapat dibagi menjadi danau air asin dan danau air tawar menurut salinitas. Kandungan air dan garam di danau air asin tinggi, dan sejumlah sumber garam dapat terbentuk setelah pengeringan dan penguapan. Itu tidak hanya dapat menyediakan garam yang dibutuhkan manusia, tetapi juga memberikan pendapatan ekonomi bagi manusia.
2. Danau memiliki fungsi mengatur dan memurnikan
Danau dapat memainkan peran yang baik dalam mengatur limpasan dan mengatur iklim. Sering ada tanaman kaya di sekitar danau, dan ada beberapa tanaman di Danau. Tanaman ini akan melakukan fotosintesis, menyerap karbon dioksida, dan melepaskan oksigen. Danau juga dapat menyerap berbagai debu dan bakteri di udara, memurnikan udara, mengurangi pencemaran lingkungan dan meningkatkan kualitas udara, sehingga meningkatkan lingkungan ekologi regional dan menjaga keseimbangan ekologis.
3. Danau dapat menjaga keanekaragaman hayati
Danau memainkan peran penting dalam mengatur banjir dan mengendalikan erosi tanah. Hal ini dapat mengurangi bencana banjir sampai batas tertentu dan menjaga stabilitas keanekaragaman hayati dan ekosistem.
4. Mencerminkan perubahan iklim
Danau itu sendiri sensitif terhadap perubahan iklim global. Dalam sistem besar manusia dan alam, danau adalah titik koneksi dari interaksi sistem permukaan bumi, dan bagian penting dari cincin air darat. Danau terkait erat dengan biosfer, cincin atmosfer, cincin batu, dll., dan memiliki fungsi khusus yang mengatur Iklim regional, mencatat perubahan lingkungan regional, dan menjaga keseimbangan ekosistem regional.