Tempat Untuk Bintang Jatuh
Lampu-lampu kota semakin terang, dan bintang-bintang di langit semakin jauh dari kita. Jika kita sesekali melihat ke atas untuk melihat bintang, itu akan mengejutkan dan menyenangkan.
Untuk melindungi pemandangan di atas kita, organisasi seperti Asosiasi Langit Gelap internasional dan UNESCO telah mencari dan melindungi sumber daya bintang yang berharga itu dalam skala global. Lihat tempat-tempat di bawah ini dan Anda akan tahu ke mana harus pergi pada perjalanan Anda berikutnya.
1. Aoraki Mackenzie International Dark Sky Reserve, Selandia Baru
Pada tahun 1988, astronom Amerika David Crawford dan astronom amatir Timothy Hunt mendirikan organisasi nirlaba, International Dark Sky Society, yang didedikasikan untuk melindungi lingkungan malam hari yang alami dari kerusakan. Aoraki Mackenzie International Dark Sky Reserve di Selandia Baru didirikan pada tahun 2012 dan bergabung dengan International Dark Sky Association. Ini adalah cagar langit gelap pertama di belahan bumi selatan dan satu dari hanya 16 cagar langit gelap di dunia. Cagar alam ini terletak di atas cekungan Mackenzie Alpine di Pulau Selatan Selandia Baru, di mana iklim gersang memungkinkan suasana yang tipis namun stabil dan transparansi yang sangat baik.
Selain itu, hanya ada kurang dari 500 penduduk tetap di dekatnya, dan semua orang secara spontan melindungi malam yang gelap ini, dan hampir tidak ada polusi yang disebabkan oleh aktivitas manusia. Kondisi alam yang superior seperti itu membuat pengalaman melihat bintang yang luar biasa di cagar alam. Pengunjung berbondong-bondong ke planetarium cadangan untuk melihat ke langit melalui teleskop. Atau Anda bisa mengikuti jejak pemandu Anda dan pergi ke Danau Tekapo untuk menyaksikan langit berbintang. Jika Anda beruntung, Anda juga dapat melihat keajaiban nebula yang sangat langka.
2. Cagar Alam Namibrand, Namibia
Di pasir kuning Gurun Namib, hanya ada sedikit orang kecuali tanaman yang tahan kekeringan. Ini adalah api penyucian kehidupan, dan juga surga bintang-bintang. Tersembunyi di Gurun Namib kuno, Cagar Alam Namibrand adalah salah satu " tempat paling gelap di bumi " dan pemukiman manusia terdekat berjarak 96 kilometer. Iklim yang gersang membuat atmosfer tipis dan jernih, dan Jarak dari manusia membuat alam lebih murni.
Meskipun sulit untuk tinggal di cagar alam untuk waktu yang lama, pecinta langit berbintang masih mencoba yang terbaik untuk menyeberangi gurun Namib hanya untuk melihat sekilas bintang-bintang. Jika Anda ingin sedekat mungkin dengan langit berbintang dan alam, maka anda dapat memilih tempat yang baik untuk mendirikan tenda, dan Anda dapat melihat langit berbintang saat Anda melihat ke atas. Jika Anda mencari akomodasi berkualitas tinggi, ada juga banyak Hotel resor mewah di cagar alam untuk Anda pilih, berendam di bak mandi terbuka, dan bintang-bintang sebagai latar belakang Anda
3. Kepulauan Canary, La Palma dan Tenerife
Di antara tiga "cadangan cahaya bintang" yang diakui oleh UNESCO. Kepulauan Canary terletak di Samudra Atlantik di Perairan barat laut Afrika. Posisi geografis yang terisolasi memungkinkan orang untuk melihat dengan jelas langit malam berbintang di mana pun mereka berada di Nusantara. Namun, untuk menemukan sudut pandang terbaik, astronom profesional dan amatir akan merekomendasikan La Palma dan Tenerife.
Ada tiga area pengamatan astronomi yang didirikan oleh Institute of Astrophysics of the Canary Islands di dua pulau tersebut. Mereka semua dibangun di atas gunung. Wisatawan dapat meminjam peralatan profesional dari area observasi untuk menikmati keindahan galaksi yang mempesona. Starlight Reserve yang indah telah menarik banyak film, seperti " Fast and Furious 6 " dan " Wrath of the Gods " dan film laris Hollywood lainnya telah difilmkan di sini.