Sup Di Seluruh Dunia
Sup adalah salah satu makanan tertua dan hidangan paling serbaguna di dunia, kata Janet Clarkson, penulis Soup: A Global History. "Setiap budaya memiliki sup. Ini memiliki akar sejarah yang sangat kuno," katanya. Berikut adalah nominasi CNN untuk hidangan sup terbaik di dunia.
1. Banga | Nigeria
Banga sangat populer di Nigeria sehingga banyak toko yang menjual paket rempah-rempah yang sudah jadi. Buah dari pohon kelapa sawit menambah rasa pada sup Delta Niger ini, yang juga menyajikan ikan lele segar dan makanan laut kering. Rempah-rempah diresapi dengan saus merah, yang merupakan daya tarik utama hidangan sup: direndam dalam sesendok tepung, kedua makanan pokok Nigeria terbuat dari tapioka dan disiapkan dengan cara yang berbeda.
2. Pho | Vietnam
Pho merupakan kaldu dengan kayu manis yang di masak dengan dan rempah-rempah lainnya selama berjam-jam untuk memberikan aroma yang luar biasa pada kuah mie beras. Pho adalah salah satu kuliner yang paling terkenal di Vietnam, dan restoran pho juga telah menawarkan hidangan dengan berbagai rasa.
3. Paella | Perancis
Bouillabaisse merupakan hidangan rebusan para nelayan, dengan penyulingan cita rasa klasik Mediterania untuk kota pesisir Marseille. Hidangan yang terdiri dari saffron, minyak zaitun, adas, bawang putih, dan tomat yang dicampur dengan ikan laut segar. Menurut penandatangan Piagam Sup Makanan Laut tahun 1980, resep paling otentik harus mencakup setidaknya empat jenis makanan laut yang dipilih dari monkfish dan kepiting.
4. Tanjung Verde | Portugal
Merupakan sayuran yang dipotong tipis dipadukan dengan kentang dan bawang bombay ke dalam hidangan sup dari wilayah Minho di Portugal ini. Dalam banyak versi, menambah rasa berasap dan gurih dapat membuat hidangan sup lebih segar.
5. Chupe de camarones | Peru
Sup krim udang yang lembut ini adalah spesialisasi Arequipa, sebuah kota bersejarah yang dikelilingi oleh gunung berapi yang menjulang tinggi. Malam yang dingin di pegunungan sangat cocok untuk hidangan hangat: udang lembut berenang dengan potongan kentang Andes dan jagung yang memiliki rasa sangat lezat. Penambahan ajíamarillo (cabai dengan sedikit rasa buah) dengan bumbu secukupnya dapat menyeimbangkan bahan yang kaya dan lembut.
6. Gazpacho | Spanyol
Musim panas di Andalusia panas, dan sangat cocok untuk mendinginkan tubuh dengan semangkuk hidangan sup sayuran salad ini. Versi yang paling klasik ialah terdiri dari tomat, mentimun, bawang putih, dan minyak zaitun, dengan beberapa remah roti basi.
Orang-orang Arab membawa hidangan itu ke Semenanjung Tiberia berabad-abad yang lalu.
7. Tom Yum Kung | Thailand
Kuah kaldu gurih dengan rasa yang manis, asam, pedas, dan asin, merupakan kombinasi ideal untuk udang yang manis dan empuk. Bahan aromatiknya antara lain lengkuas, serai dan daun jeruk purut, serta pecahan cabai rawit merah untuk menambah rasa. Sup Tom Yum hanyalah salah satu dari banyak hidangan sup di Thailand, dan hidangan kaya akan udang inilah yang telah menjadi favorit banyak pengunjung dari berbagai kalangan.