Fakta Menarik Sakura
Bunga sakura tumbuh di taman di seluruh negara. Selain terkenal akan keindahannya, banyak fakta menarik tentang bunga Sakura.
Cantik dan menawan, itulah bunga sakura. Mungkin Anda sudah pernah atau sering melihatnya, baik di dalam foto atau bahkan secara langsung. Akan tetapi, sejauh mana hal yang Anda ketahui tentang bunga cantik ini? Berikut fakta bunga Sakura :
• Ada lebih dari 600 spesies sakura di Jepang.
Jumlah tersebut sudah termasuk spesies sakura endemik dan hibrida yang ada di Jepang. Sakura dikenal sebagai tanaman yang sering bermutasi. Anda dapat melihatnya dari perubahan kelopak, ukuran bunga, perubahan warna, penurunan atau peningkatan buah, dan lain-lain. Oleh karena alasan itu pula banyak spesies hibrida yang lahir.
• Hanya Mekar Seminggu
Bunga yang masih satu jenis dengan tanaman aprikot ini ternyata hanya mekar dalam waktu yang singkat. Dari tanaman memunculkan kuncup hingga berguguran, bunga ini hanya menghabiskan waktu selama 7 hingga 10 hari. Waktu mekarnya pun hanya satu tahun sekali, yaitu pada musim semi.
• Setelah kelopak bunga jatuh, musim bunga sakura berakhir
Musim bunga sakura di Jepang disebut dengan hanami. Periode selanjutnya disebut dengan hazakura, yaitu waktu di saat kelopak bunga sakura jatuh dari pohonnya dan batang mengeluarkan tunas daun baru. Di saat itulah, musim bunga sakura telah berakhir.
• Jumlah kelopak bunga memengaruhi nama
Bunga sakura dengan kelopak berjumlah lima atau kurang disebut dengan hitoe. Sementara bunga dengan kelopak antara lima hingga 10 disebut dengan hanyae. Dan, bunga dengan kelpok lebih dari 10 disebut yae.
• Menghasilkan Ceri
Bunga sakura yang sudah berguguran kemudian akan memunculkan buah ceri kecil. Ceri pada bunga sakura ini memiliki ukuran kecil dan rasa yang asam. Buah ini pun tidak bisa dikonsumsi oleh manusia, sehingga hanya burung-burung yang memakannya.
• Kelopak bunga dan daun sakura bisa dimakan
Kelopak dan daun pertama-tama harus direndam dalam larutan garam. Proses tersebut disebut dengan shiozuke. Selanjutnya kelopak dan daun yang disebut sakurazuke bisa untuk dimakan. Biasanya orang Jepang memakan kelopak dan daun sakura dicampurkan dengan kue mochi.
• Pohon Sakura tertua berusia 200 tahun.
Pohon sakura ini adalah Jindai Zakura. Lingkar akarnya berukuran 13.5 meter. Anda dapat melihatnya di Kuil Jissou di Prefektur Yamanashi.
• Sakura juga dapat diminum.
Masukkan 2 atau 3 kelopak sakurazuke ke dalam cangkir dan tuangkan air panas. Minuman nikmat ini disebut sakurayu. Sakurayu sering disajikan pada pertemuan formal seperti acara pernikahan, karena tampilan bunga sakura yang mekar di dalam cangkir terlihat indah.
• Sakura diukir pada uang logam 100 yen.
Hal ini melambangkan bahwa sakura telah berakar kuat pada budaya Jepang. Bunga lain yang juga diukir pada uang logam adalah bunga Krisan (50 yen) dan bunga Tachibana (500 yen).
Itulah beberapa fakta bunga Sakura. Semoga bermanfaat!