Cara Menanam Sakura
Salah satu jenis pohon yang sangat indah adalah pohon Sakura. Yang paling istimewa keindahan dari pohon ini adalah waktu mekarnya.
Bunga Sakura atau Cherry Blossom merupakan tanaman yang berasal dari Asia Timur. Akan tetapi, sebagian besar dari tanaman ini juga berasal dari Amerika Serikat, Jepang, Korea Selatan, dan Negara-negara beriklim dingin lainnya. Sedangkan di Indonesia yang memiliki iklim cukup hangat kemungkinan tumbuh dan berkembangnya bunga sakura akan sangat minim. Namun, tidak menutup kemungkinan untuk dapat menumbuhkannya dan menanam bunga ini di Indonesia.
Cara menanam bunga sakura di dalam pot
Media dalam menanam tanaman bunga sakura diperlukan tanah dan juga humus, jika bibitnya sekitar 40 cm maka akan membutuhkan pot berdiameter 40 cm. letakkan bibit tanaman bunga sakura pada tempat yang panas atau yang terkena sinar matahari langsung.
Dan yang pasti penyiraman tanaman bunga sakura ini juga harus 2 kali sehari yaitu pada saat pagi dan juga sore hari. Atau bisa dilakukan 1 kali disaat sore hari. Untuk pertumbuhan tanaman bunga sakura bisa dibilang sangat cepat hanya dalam beberapa minggu saja. Tumbuh dengan daun yang baru. Di Negara Indonesia tanaman bunga sakura akan mekar pada bulan Februari dan juga bulan Agustus.
Menanam Dengan Benih Pohon Sakura Yang Muda
Tidak hanya sebagai tanaman hias, bunga sakura juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan makanan yang harum dengan cara merendam daun dan bunganya di dalam air garam. Maka dari itu, berikut ini panduan lebih lengkap cara menanamnya:
·1 Menyiapkan peralatan berkebun, seperti cangkul, sekop dan lain sebagainya. Jangan lupa sediakan juga bibit bunga sakura yang dapat anda beli di toko online atau kebun bibit yang berupa biji pohon sakura muda.
·2 Pilihlah tempat menanam pohon sakura yang banyak mendapatkan sinar matahari serta dekat dengan sumber air agar mudah dalam menyiraminya. Perlu anda ketahui bahwa tanaman ini dapt tumbuh di dataran tinggi hingga dataran rendah dengan suhu 18-26 derajat celcius. Anda juga dapat menanamnya pada media tanam pot yang memiliki diameter minimal 40 cm.
·3 Apabila anda memilih untuk menanam benih bunga sakura muda, maka galilah luabang dengan kedalaman 50 cm dengan sekop atau cangkul. Kemudian beri pupuk kompos dan letakkan benih bunga sakura dan letakkan jangan sampai merusak akar-akarnya. Selanjutnya tutup lubang dan buatkaah gundukan tanah setinggi 7.5 cm.
·4 Selanjutnya sirami dan perhatikan pertumbuhan pohon bunga sakura muda. Anda juga perlu menjauhkan dari gulma agar mendapatkan nutrisi yang cukup dan pertumbuhannya tidak terganggu.
Itulah beberapa cara menanam pohon Sakura. Semoga bermanfaat!