Madu Sehat
Dalam pikiran orang awam, madu memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Tidak peduli apakah Anda suka madu atau tidak, Sebagian besar keluarga menyimpan setidaknya satu botol madu di rumah. Apakah khasiat madu benar-benar sebesar yang Anda pikirkan? Berapa banyak fakta yang Anda ketahui tentang madu? Baru-baru ini, situs web kesehatan WebMD merilis sebuah kuis untuk mengajak Anda memahami 8 fakta tentang madu.
1. Terdiri dari komposisi kandungan utama apakah madu?
A. Vitamin dan Mineral
B. Serbuk Sari dan Nektar
C. Gula dan air
Jawaban yang benar: C
Madu memiliki kandungan 95% hingga 99% gula. Kandungan gula ini sebagian besar terdiri dari fruktosa dan glukosa tetapi juga mengandung beberapa gula probiotik untuk menjaga flora usus yang sehat dan dibutuhkan oleh usus kita. Plus, kebanyakan madu mengandung vitamin, mineral dan enzim yang dapat membantu pencernaan.
2. Madu alami adalah :
A. Kotoran lebah
B. muntahan lebah
C. urin lebah
Jawaban yang Benar: B
Ketika Anda minum air madu, Anda mungkin tidak pernah menyangka bahwa itu adalah muntahan lebah, bukan? Lebah mengumpulkan semua nektar yang lezat, menyimpannya dalam nektar perut kedua spesial, kemudian memuntahkannya untuk diteruskan dan dibagikan ke lebah lainnya yang melakukan hal yang sama.
Terakhir, mereka menyimpan madu di dalam sarangnya. Lebah mengayunkan sayapnya untuk mendinginkan madu, yang memungkinkan air menguap dan membuat madu semakin mengental.
3. Berapa banyak bunga yang harus dihisap lebah untuk membuat 1 pon madu?
A.5 juta
B.1 juta
C.2 juta
Jawaban yang benar: C
60.000 lebah dalam sarang dapat menempuh jarak 55.000 mil untuk mencari bunga yang cocok. Bunga menentukan warna dan rasa dari madu.
4. Apakah minum madu bisa meredakan alergi serbuk sari?
A. Ya
B. Tidak
Jawaban yang benar: B
Madu mengandung sedikit serbuk sari. Secara teoritis, madu bisa membuat tubuh Anda untuk tidak bereaksi terhadap serbuk sari. Tetapi ini tidak berlaku, mungkin karena jenis serbuk sari yang biasa ditemukan dalam madu tidak memicu alergi.
5. Anak usia dibawah 1 tahun tidak boleh minum madu karena:
A. Terlalu lengket
B. Kesulitan menelan
C. Dapat menyebabkan infeksi
Jawaban yang benar: C
Ini sangat jarang, tetapi madu dari lebah liar dapat membawa bakteri "tidur" yang disebut botox. Bayi tidak dapat mencerna madu dengan cukup cepat, sehingga Botox terbangun dan dapat menghasilkan racun berbahaya di usus. Sembelit adalah gejala pertama botulisme pada bayi dan gejala lainnya termasuk kelemahan serta kesulitan mengisap atau menyusu. Oleh karena itu, jangan pernah biarkan bayi Anda meminum madu.
6. Bisakah madu meredakan gejala batuk bayi?
A.Ya
B.Tidak
Jawaban yang benar: A
Asosiasi Dokter Anak Amerika Serikat memperingatkan agar tidak memberikan sirup obat batuk atau obat flu yang dijual bebas kepada anak-anak di bawah usia 6 tahun. Madu bisa menjadi pilihan yang baik untuk anak di atas 1 tahun.
7. Madu membantu menyembuhkan luka jika Anda:
A. Minum saja dengan teh
B. Minum saat perut kosong
C. Letakkan langsung pada luka
Jawaban yang benar: C
Orang Yunani dan Romawi kuno menggunakan madu untuk membalut luka, begitu juga orang Jerman. Selain itu, madu juga dapat membantu mencegah infeksi pada luka.
8. Madu dapat bermanfaat untuk:
A. Mata merah muda
B. Diare
C. Luka bakar
D. Semua hal di atas
Jawaban yang benar: D
Madu juga dapat membantu mengobati wasir, luka dingin dan banyak lagi. Madu kaya akan antioksidan dan dapat membunuh semua "radikal bebas" yang dapat merusak sel yang memiliki sifat anti-inflamasi.