Habitat Asli Bunga Tulip
Selama ini, orang menganggap bunga tulip berasal dari Belanda. Namun ternyata, bunga tulip pertama kali ditanam di tanah Turki.
Bunga tulip merupakan bunga yang tumbuh ketika memasuki akhir musim dingin atau awal musim semi. Tak mengherankan, bunga ini merupakan tanda bahwa musim semi telah datang. Bunga tulip memiliki ukuran kecil dengan warna merah cerah yang cantik.
Bunga tulip pertama kali dibudidayakan oleh masyarakat Turki dan mulai populer ketika zaman Kekaisaran Ottoman. Kala itu Sultan Suleyman Pertama menuntut pembudidayaan bunga untuk fungsi keindahan. Bunga tulip pertama kali ditemukan di Pegunungan Kazakhstan yang kemudian dibawa ke Turki.Kata “tulip” berasal dari Bahasa Turki yang artinya “serban”, semacam kain yang dililit untuk menutupi kepala. Sedangkan orang Eropa menyebut Tulip sebagai dulband bahasa Persia untuk serban.
Sebelum tulip mencapai Eropa, mereka telah menjadi bagian dari sejarah budaya di Persia. Para pakar sekarang percaya bahwa Turki telah menanam tulip bahkan sejak abad ke-10 M. Pada abad ke-12 Omarr Khayam menulis puisi tentang tulip. Beberapa orang menyebut kurun waktu ini sebagai “Abad Tulip.”
Tidak diketahui kapan persisnya negara Kincir Agin itu mulai membudidayakan bunga tulip, tapi disebut-sebut bunga tulip mulai dibawa ke Belanda pada sekitar tahun 1550-an oleh kapal-kapal dari Istanbul.
Nah itu penjelasan tentang habitat asli bunga tulip. Semoga bermanfaat!