Klasifikasi Bunga Mawar
Mawar merupakan jenis tanaman yang menghasilkan bunga yang cantik dan wangi serta sangat terkenal oleh masyarakat diseluruh dunia.
Bunga mawar termasuk jenis tanaman semak dari genus Rosa. Pada umumnya, semua spesies mawar memiliki duri. Kebanyakan orang mengasosiasikan mawar sebagai simbol cinta dan kasih sayang, terutama mawar yang berwarna merah. Selain merah, bunga mawar memiliki berbagai macam warna lain, bentuk, dan ukuran, dimana masing-masing memiliki makna yang berbeda.
Ada pula mawar yang hanya tumbuh tegak, namun ada juga yang tumbuh secara merambat. Oleh sebab itu, pilihan jenis mawar untuk dirawat dapat disesuaikan dengan keinginan orang yang menanamnya
Klasifikasi Bunga Mawar
Kingdom : Plantae
Divisi : Spermatophyta
Sub Divisi : Angiospermae
Kelas : icotyledonae
Ordo : Rosanales
Famili : Rosaceae
Genus : Rosa
Spesies : Rosa Hiproida atau Rosa sp.
Mulanya bunga mawar tersebar dari dataran Cina, Timur Tengah, dan Eropa Timur. Seiring bertambahnya waktu dari masa-kemasa kini bunga mawar tersebar hampir diseluruh penjuru dunia termasuk Indonesia, terkecuali benua atlantica.
Tanaman bungan mawar termasuk ke dalam genus Rosa. Jenis tanaman ini umumnya merupakan tanaman semak yang memiliki duri dan sebagai tanaman memanjat yang tingginya mampu mencapai 2-5 meter, bahkan ada juga yang tingginya mampu mencapai 20 meter. Lebih dari 100 spesies tanaman mawar liar dan kebanyakan tersebar di belahan bumi utara yang berudara sejuk.
Demikianlah informasi mengenai klasifikasi bunga mawar. Semoga bermanfaat!