Manfaat Bunga Marigold
Marigold atau bunga gemitir atau gumitir (khas Pulau Bali), warna kuning cerah yang banyak digunakan sebagai tanaman hias.
Marigold merupakan bunga berwarna kuning oranye yang sering menghiasi perkarangan rumah. Karena memiliki bau yang menyengat, tanaman ini sering disebut bunga tahi ayam. Meski begitu, keindahan bunganya membuat banyak orang tertarik untuk menanamnya di rumah.
Apa saja manfaat dari bunga Marigold yang bisa kita peroleh? Yuk simak berikut ini!
• Mengobati Masalah Pencernaan
Teh bunga marigold juga bermanfaat untuk mengatasi masalah pencernaan. Bagi penderita tukak lambung, gastritis, bahkan kanker perut, mengonsumsi teh bunga marigold secara teratur juga diyakini mampu menjadi alternatif pengobatannya.
• Melembabkan Kulit
Jika untuk mengobati penyakit marigold dijadikan minuman berkhasiat, beda caranya saat Anda memanfaatkan bunga ini untuk mengatasi masalah kulit. Caranya, jadikan bunga marigold hingga bertekstur seperti minyak. Rutin mengoleskan minyak bunga marigold pada wajah diyakini mampu membuat kulit lembab dan kenyal.
• Penawar Racun
Panik karena keracunan makanan dan seketika tubuh menjadi lemas? Coba deh konsumsi kelopak bunga marigold yang diseduh dengan air panas. Bunga yang cantik ini ternyata sangat efektif membersihkan racun yang masuk ke dalam tubuh, khususnya yang berada di kantong empedu ataupun hati.
• Melawan radikal bebas.
Banyaknya kandungan antioksidan yang terdapat dalam bunga Marigold menjadikan bunga ini sangat efektif digunakan untuk mencegah masuknya radikal bebas. Apalagi bunga ini juga memiliki sifat anti-karsinogenik atau anti kanker.
• Meningkatkan kesehatan mata
Seiring berjalannya waktu, kesehatan mata bisa saja semakin menurun. Hal ini dapat memicu kerusakan mata dan penurunan fungsi penglihatan, khususnya pada lansia.
• Mengatasi masalah menstruasi dan menopause
Siapa yang sering mengalami masalah saat menstruasi, seperti nyeri atau telat haid? Ternyata, kamu dapat mengatasinya dengan mengonsumsi teh bunga Marigold, lho.
Kandungan emmanogogic di dalam bunga ini, dapat membantu tubuh menenangkan rahim dan menghilangkan rasa nyeri. Bukan hanya saat menstruasi, tapi masalah akibat menopause pun bisa teratasi dengan rutin minum teh bunga Marigold.
• Antioksidan Alami
Seperti sudah dibahas sebelumnya, bunga marigold kaya akan antioksidan yang baik untuk tubuh Anda. Sehingga Anda tidak mudah terserang penyakit, terutama di musim virus berbahaya seperti saat ini.
Itulah manfaat bunga marigold yang baik bagi Kesehatan. Semoga bermanfaat!