Jenis Bunga Peony
Tanaman berbunga yang hidup perennial di wilayah subtropis yaitu Peony. Bunga ini berasal dari Eropa selatan dan Mediterania.
Bunga peony ini termasuk kedalam jenis tumbuhan hias yang bergenus tunggal, peony digolongkan kepada keluarga Paeniaceae. Peony juga dikategorikan sebagai tanaman rempah yang termasuk pada tumbuhan tahunan.
Ada beberapa jenis bunga Peony di dunia yaitu:
• Paeonia Cambessesii
Jenis buang peony kedua yang bisa Kamu temui adalah La Paeonia Cambessesii yang berasal dari daerah Kepulauan Balaeric atau spanyol. Tumbuhan tahunan ini hidup di pulau Cabrera, Mallorca dan Menorca. Tumbuhan peony ini hidup di daerah dataran tinggi. Paeonia Cambessesii memiliki bunga dengan diameter antara 10 sampai 13 sentimeter. Tanaman ini tumbuh dengan ketinggian mencapai 50 sampai 70 sentimeter.
• Paeonia budori
La Paeonia budori, dikenal sebagai albardera, mawar dari Aleksandria, atau ponea, di antara nama-nama lain, adalah spesies abadi yang endemik di Semenanjung Iberia, khususnya Spanyol bagian tengah dan selatan dan Portugal.
Tumbuh hingga ketinggian sekitar 70 sentimeter. Bunganya hermaprodit, soliter, besar, diameter sekitar 10 sentimeter, dan berwarna merah jambu kemerahan.. Buahnya berupa folikel yang ditutupi rambut putih, yang mengandung biji hitam.
• Paeonia lactiflora
La Paeonia lactifloraDikenal sebagai mawar tanpa duri, peoni Cina, mawar semak, atau peoni hibrida, ini adalah tanaman tahunan asli Asia Tengah dan Timur. Secara khusus, ia hidup dari Tibet timur hingga Cina utara, mencapai Siberia timur.
Tumbuh hingga ketinggian 60 hingga 100 sentimeter, dan menghasilkan bunga besar antara 8 dan 16 sentimeter diameter, putih, merah muda, atau merah tua. Buahnya adalah folikel dengan biji.
• Paeonia 'Sarah Bernhardt'
Paeonia 'Sarah Bernhardt' adalah kultivar Paeonia lactiflora. Ini mencapai ketinggian 90 sentimeter, dan menghasilkan bunga berwarna merah muda dengan diameter hingga 20 sentimeter.
• Peonia Broteri
Jenis bunga peony ini berasal dari daerah semenanjung Liberia, terkhusus pada daerah Spanyol bagian selatan dan tengah, Peonia Broteri juga ditemukan di daerah Portugal. Tumbuhan peony jenis ini bisa tumbuh sampai 70 sentimeter, dengan diameter bunga mencapai 10 sentimeter. Bunga berjenis broteri bewarna merah jambu.
• Paenia Coriacea
Paenia Coriacea termasuk kedalam jenis tumbuhan tahunan yang bisa tumbuh dengan ketinggian mencapai 45 sentimeter, dengan diameter bunganya mencapai 15 sentimeter. Paenia Coriacea berasal dari daerah pegunungan di bagian Selatan Semenanjung Liberia, selain itu juga bisa ditemui pada daerah Afrika.
• Paeonia rockii
La Paeonia rockii, yang dikenal sebagai peony batu atau peoni arboreal, adalah tanaman tahunan asli Tiongkok barat, di mana ia hidup di dalam dan sekitar Pegunungan Gansu. Tumbuh hingga ketinggian 180 sentimeter (jarang 200cm), dengan demikian menjadi salah satu genus tertinggi. Menghasilkan bunga putih dengan diameter hingga 25 sentimeter, dan buahnya adalah folikel berbiji.
• Paeonia suffruticosa
La Paeonia suffruticosa Ini adalah tanaman tahunan asli China yang dikenal di negara itu sebagai "sho yu" yang artinya paling indah. Ini telah dibudidayakan selama lebih dari 2000 tahun, bahkan di Cina dan Jepang sangat dihargai. Tumbuh hingga ketinggian 1 meter, dan bunganya mawar merah, putih atau ungu, dengan diameter hingga 15 sentimeter. Buahnya adalah folikel yang mengandung biji kecil.
Itulah beberapa jenis bunga peony. Mana yang paling kamu suka? Semoga bermanfaat!