Ciri-Ciri Bunga Mawar
Bunga mawar digunakan sebagai tanda cinta di momen spesial seperti hari ulang tahun atau saat menyatakan cinta kepada seseorang.
Mawar (rose) bukanlah namanya spesiesnya, melainkan nama genusnya. Tumbuhan mawar sendiri termasuk tumbuhan semak yang terdiri dari 100 spesies dengan bunga yang berwarna-warni. Sebelum memberikan bunga kepada orang-orang penting dalam hidupmu, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu mengenai ciri-ciri bunga mawar dan jenisnya. Sebab, setiap jenis bunga mawar konon katanya memiliki makna atau filosofi tersendiri.
Berikut Ciri-ciri Bunga Mawar secara Umum :
• Tumbuhan yang Tangguh
Ciri khusus lain dari tanaman mawar adalah merupakan tanaman yang tangguh. Tanaman mawar tidak akan mati jika kehilangan semua daun dan juga bunganya. Bahkan meskipun ujung batangnya dipangkas, tumbuhan mawar akan tetap tumbuh dan tidak akan mati. Bahkan, meskipun terkena luka bakar, tanaman mawar yang akar dan batangnya tidak rusak tetap bisa tumbuh kembali.
• Bunga berwarna cerah dan harum
Bunga mawar bereproduksi secara seksual melalui penyerbukan dengan bantuan serangga. Bunga yang berwarna cerah dan aroma yang harum merupakan cara mawar untuk menarik perhatian serangga. Serangga yang datang akan mengisap nektar mawar dan secara tidak langsung membawa serbuk sari ke bunga lain untuk penyerbukan. Menyadur dari Scientific American, aroma harum tersebut dihasilkan dari campuran kompleks senyawa dengan berat molekul rendah (volatil) yang dipancarkan ke atmosfer. Setiap bunga memiliki aroma yang berbeda-beda karena perbedaan volatilnya.
• Batang berduri
Mawar memiliki batang yang dipenuhi dengan duri-duri kecil yang tajam. Dilansir dari The Huntington, duri tersebut adalah hasil modifikasi batang kayu. Duri pada batang mawar adalah bentuk pertahanan duri untuk mempertahankan batangnya dari pemangsa. Saat bunga mawar rusak atau dimakan, tumbuhannya tidak akan ikut rusak. Namun kerusakan pada batang dan akar bisa berakibat fatal. Sehingga duri melindungi tumbuhan mawar dari serangga juga hewan herbivora seperti rusa, kuda, dan binatang pemamah biak.
• Tanaman Wild Rose
Umumnya tanaman Mawar digolongkan menjadi Wild Rose atau mawar liar serta Old Garden Rose atau hasil persilangan. Namun, mawar yang dikenal di Indonesia sebagian besar adalah mawar jenis Hybrid Tea dan Medium.
• Batang
Roses memiliki bentuk batang yang bulat dan memanjang serta mempunyai cabang-cabang yang tidak beraturan letaknya. Diameter dari batangnya terbilang sangat kecil, membuatnya rentan terhadap predator besar.
• Biji Serta Buah
Biji dari tanaman mawar ini dapat dilihat secara jelas karena berada di bagian bunga. Ukuran dari biji bunga mawar ini sangat kecil dan memiliki bentuk oval memanjang serta dilindungi oleh buah.
Warna biji bagian luarnya sedikit kecoklatan bahkan kehitaman, sedangkan di bagian dalamnya memiliki warna keputihan hingga kecoklatan.
• Akar
Bentuk akar yang dimiliki oleh bunga mawar yaitu bulat dan sedikit memanjang ke bawah dan memiliki warna dari coklat muda hingga cokelat tua. Fungsi dari akar ini yaitu membuat tanaman supaya dapat berdiri tegak serta menyerap unsur hara yang berasal dari dalam tanah.
• Daun
Roses mempunyai daun majemuk, mengapa begitu? Karena, di dalam satu batangnya terdapat 5 hingga 9 anakan daun.
• Bunga
Roses ini diklasifikasikan sebagai bunga majemuk karena terdiri dari benang sari dan juga putik yang tersusun di bagian bawah bunga dalam bentuk seperti guci. Bentuk bunga dari tanaman ini yaitu berbentuk bunga tunggal atau seperti payung.
Sekianlah ulasan singkat ciri-ciri bunga mawar dari artikel kali ini. Semoga bermanfaat!