Ciri-Ciri Kucing Lapar
Kucing hewan yang tidak bisa berbahasa manusia, jadi para pemilik harus memahami berbagai macam perilakunya.
Bagi Anda pecinta kucing, memelihara kucing di rumah tentu menjadi kesenangan tersendiri. Meskipun memelihara kucing tetap membutuhkan komitmen usaha yang baik dan maksimal. Salah satunya dengan memberikan konsumsi makanan dan minum dengan cukup. Ini tidak lain untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan kucing yang baik dan sehat.
Dalam menjaga kesehatan si kucing, kunci kesuksesannya adalah pemberian makanan yang bernutrisi. Selain itu, kamu juga perlu memahami ciri-ciri kucing lapar. Yuk simak informasinya!
Mengarahkan kamu ke tempat makanannya
Tidak hanya dari suaranya saja, kamu juga bisa mengetahui lapar tidaknya si kucing melalui gerak-geriknya. Mereka akan mendekati kamu dan berjalan di sekitar kaki kamu. Jika lapar, besar kemungkinan mereka mengarahkan kamu ke tempat makanannya.
Ada kalanya si kucing akan duduk di sebelah tempat makanannya, kemudian menyentuhnya sebagai pesan bahwa tempat makanan tersebut kosong. Kalau mereka benar-benar belum makan, jangan sampai dibiarkan kosong, ya!
Suara mengeong bernada tinggi
Mendengar suara mengeong kucing merupakan salah satu cara untuk mengetahui apakah mereka lapar atau tidak. Suara ini memiliki arti yang berbeda-beda.
laman PetCoach dan Stray Cat Advice menyebutkan bahwa tindakan mengeong yang dilakukan berulang kali dengan nada suara yang tinggi biasanya memiliki satu arti. Yup, mereka sangat lapar dan membutuhkan makanan. Kalau tindakan mengeong tidak dilakukan berkali-kali, ada kemungkinan bahwa kucing kamu tidak lapar.
Mengobrak-Abrik Tempat Sampah
Jika melihat kucing kesayangan sedang mengobrak-abrik tempat sampah, itu tandanya mereka ingin diberi makan. Jika sudah benar-benar lapar dan ingin diperhatikan, mereka akan mengorek tempat sampah karena berharap menemukan sisa makanan.
Manja
Melakukan sikap manja juga termasuk salah satu ciri-ciri kucing lapar. Saat kucing manja dan minta perhatian saat lapar, biasanya mereka akan menggosok-gosokkan tubuhnya ke Anda atau benda lain untuk mendapatkan sesuatu.
Sikap kucing ini memang menggemaskan sehingga Anda tidak tega untuk mengabaikannya. Jika melihat sikap ini pada kucing peliharaan Anda, berikan usapan halus di tubuhnya dan berikan makanan sehingga kucing bisa makan dengan kenyang.
Mencuri makanan
Kelaparan yang dialami si kucing dapat mendorongnya untuk mencuri makanan, biasanya dari meja makan. Mengutip ThePets, tindakan ini bisa berubah jadi kebiasaan yang sulit untuk dihentikan. Oleh karena itu, kamu harus menutup meja dan memastikan peliharaan kamu tidak kelaparan.
Kucing yang kurang makan akan cenderung untuk mencuri. Artinya, pemberian porsi yang lebih banyak atau makanan dengan tingkat kalori yang lebih tinggi dapat menjadi solusi masalah tersebut. Perlu diingat lagi bahwa 'lebih' bukan berarti 'berlebihan'.
Meskipun kamu tidak bisa memahami bahasa kucing dan sebaliknya kucing tidak bisa memahami bahasa kamu, setidaknya terdapat sejumlah petunjuk bahwa kucing kesayangan kamu sedang kelaparan. Semoga informasi ini bermanfaat!