Merawat Anak Kucing
Merawat anak kucing baru lahir akan menjadi tantangan tersendiri dan membutuhkan dedikasi tinggi.
Anak kucing baru lahir tanpa induknya yang berusia kurang dari 4 minggu tidak bisa hidup tanpa induknya. Sehingga Anda harus memberi susu botol sepanjang waktu agar mereka dapat bertahan hidup. Nah, berikut ini beberapa cara merawat anak kucing tanpa induk :
• Menyatukan Anak Kucing Kalau Lebih dari Satu
Biasanya kucing melahirkan beberapa ekor, jadi kamu bisa menyatukan anak-anak kucing ini agar lebih nyaman dan hangat. Saat anak-anak kucing ini menjadi satu, mereka bisa berbagi kehangatan tanpa kehadiran induk kucing.
• Menyiapkan tempat yang nyaman
Jika ingin membawa anak kucing yang lahir tanpa induk, kamu harus siap untuk merawatnya. Salah satunya adalah dengan memberikan kenyamanan dan keamanan bagi mereka. Misalnya, dengan memberikan tempat tidur yang nyaman dan memberikan lampu sebagai penghangat
• Memberi Makan Anak Kucing dengan Susu Khusus
Anak kucing di bawah usia 4 minggu tidak bisa makan makanan padat, bahkan makanan basah dalam kemasan. Mereka bisa minum susu kucing khusus untuk mendapatkan nutrisi. Anak kucing akan mengandalkan Anda untuk bertahan hidup jika ibunya tidak ada.
Hindari memberi anak kucing susu yang sama dengan yang dikonsumsi manusia. Susu sapi yang kita konsumsi, menyebabkan gangguan pencernaan. Ingat juga, untuk hangatkan susu formula kucing hingga sedikit di atas suhu kamar. Pastikan juga anak kucing tetap hangat saat Anda membawanya keluar, memberi mereka makan. Posisikan anak kucing di perut, seolah-olah dia sedang menyusui. Mencoba memberi makan anak kucing dalam posisi lain, bisa menyebabkan anak kucing menghirup susu daripada menelannya. Anak kucing baru lahir biasanya menyusu setiap 1 hingga 2 jam. Pada usia 3 hingga 4 minggu, mungkin perlu makan antara empat dan enam kali sehari.
• Membantu Anak Kucing untuk Bersendawa
Setelah anak kucing mendapatkan susu formula, jangan lupa untuk membantu anak kucing untuk bersendawa. Caranya dengan menepuk atau mengelus punggung anak kucing secara perlahan selama beberapa saat.
• Membersihkan Anak Kucing Secara Rutin
Lantaran tidak ada induk, maka anak kucing harus dibersihkan dengan cara perlahan menggunakan kain atau handuk. Tidak disarankan untuk memandikan kucing yang masih bayi kecuali sudah berumur beberapa bulan.
• Membuat jadwal pemberian susu
Cara merawat anak kucing tanpa induk tidak bisa sembarangan karena, harus ada jadwal yang teratur. Mulai dari kapan memberikan susu formula yang tepat, hingga takarannya.
• Membantu untuk buang air besar
Meski menjijikan, tetapi kamu harus bisa membantu saat anak kucing buang air besar. Jadinya, mereka bisa tumbuh dengan lebih sehat. Untuk membantunya, kamu bisa melakukan pijatan pada perut, lalu kemudian membersihkannya dengan tisu kering dan basah.
• Memberikan Vaksin kepada Anak Kucing
Setelah cukup umur, jangan lupa untuk memberikan vaksin kepada anak kucing agar sehat dan terbebas dari penyakit.
• Melakukan grooming secara rutin
Biasanya, anak kucing yang memiliki induk akan bersih dengan cara dijilati oleh induknya. Namun, karena tidak mempunyai induk, maka kamu harus berperan sebagai ibu mereka. Salah satu caranya adalah melakukan grooming dengan menggunakan sisir, lap atau kain. Hindari untuk memandikan kucing saat masih bayi, karena akan berdampak buruk bagi kesehatan mereka.
Itulah cara merawat anak kucing tanpa induk. Semoga bermanfaat!