Minuman Limun
Rasa minuman jadul memang sederhana dan tampilannya cenderung klasik, namun hal inilah yang membuat banyak orang kangen. Contohnya minuman limun yang hits di Indonesia tahun 1980 hingga 1990an.
Limun sebenarnya adalah 'lemonade' dalam bahasa Inggris. Minuman ini banyak tersebar di dunia dengan karakteristik paling umum adalah minuman rasa lemon.
Di Indonesia, minuman limun sendiri punya banyak penggemar. Limun kerap disamakan dengan minuman soda.
Ada beberapa hal yang menyegarkan di cuaca panas, seperti segelas limun dingin. Namun, daripada membeli sebotol limun ke toko swalayan, Anda bisa membuatnya sendiri. Sesuaikan limun buatan Anda dengan membuatnya semanis yang diinginkan dan memeras sendiri buah lemon.
Membuat Limun Klasik:
Peras 6 buah lemon untuk mendapatkan sekitar 400 ml sari lemon. Agar lebih mudah diperas, tekan buah sambil menggulungnya dalam gerakan maju mundur di atas meja dapur. Jika Anda enggan memeras sendiri buah, gunakan sari lemon botolan.
Campurkan 500 gram gula pasir dengan 250 ml air dalam panci. Jika ingin limun tidak terasa begitu manis, gunakan 400 gram gula. Masukkan gula ke dalam panci besar berisi 250 ml air.
Panci harus bisa menampung cairan sebanyak minimal 2 liter. Campuran ini akan menjadi sirop gula dasar untuk memaniskan limun.
Panaskan campuran selama 4 menit hingga menjadi sirop kental.
Matikan kompor, kemudian masukkan sari lemon dan sisa air. Tuang 400 ml sari lemon ke dalam sirop gula dan aduk hingga merata. Setelah itu, masukkan 1.000 ml air. Gunakan air dingin agar suhu limun lebih cepat turun.
Dinginkan limun di dalam kulkas selama sekitar 1 jam atau hingga dingin. Sajikan limun dengan es.
Membuat Limun dengan Cepat Menggunakan Blender:
Bagi tiga buah lemon menjadi (masing-masing) empat potongan, dan singkirkan kedua ujungnya. Gunakan pisau tajam untuk memotong setiap buah menjadi 4 bagian sama besar.
Masukkan potongan-potongan lemon ke dalam blender beserta air dingin dan gula. Masukkan 1.000 ml air dan 70 gram gula pasir.
Campurkan semua bahan selama 1 menit dengan kecepatan tinggi.
Diamkan campuran di dalam blender selama 2 menit. Saring limun ke cerek saji, lalu tuang limun ke gelas saji. Isi gelas dengan es, kemudian tuang limun dari cerek ke dalamnya. Segera nikmati limun sebelum es mulai mencair.
Tips
Untuk mengubah limun klasik menjadi limun merah muda dengan cepat, tambahkan 1 sendok teh (5 ml) sirop delima ke dalam setiap gelas limun.
Bekukan limun dalam cetakan es loli untuk membuat camilan segar yang praktis!
Agar es tidak meleleh dan mengencerkan minuman, isi cetakan es dengan limun. Bekukan limun dan masukkan ke dalam minuman. Limun beku tersebut tidak akan mengencerkan minuman dan membuatnya terasa tawar!
Saat membuat limun menggunakan blender, coba masukkan sparkling water sebagai pengganti air biasa untuk menghasilkan limun berkarbonasi.