7 Detik Memori Ikan Mas
Ikan mas adalah salah satu dari tiga ikan hias terkenal di dunia, berasal dari Cina, dan memiliki sejarah lebih dari 1700 tahun.
Ikan mas mudah dipelihara, berwarna cerah, umumnya kuning keemasan, dan terbentuk dengan indah.
Tapi ada juga ikan mas hitam sangat populer. Dalam generasi upaya peternak ikan mas, sampai hari ini orang menafsirkan legenda keindahan antara gerakan dan statis dari ikan mas.
Orang-orang berkata bahwa memori ikan mas hanya 7 detik. Ikan mas berbalik dan melupakan pemandangan di belakangnya. Tangki ikan kecil juga merupakan dunia yang luas untuk ikan mas, dan selalu ada ruang baru dan menarik untuk dijelajahi. Jadi apakah ikan mas memiliki ingatan atau tidak, dan jika demikian berapa lama?
Ikan mas, sebagai vertebrata, memiliki ingatan. Pada 1960-an, para ilmuwan di University of Michigan melakukan eksperimen klasik tentang memori ikan mas. Para ilmuwan memasukkan ikan mas ke dalam tangki ikan yang panjang, dan kemudian membuka cahaya terang di salah satu ujung tangki ikan dan menyinarkannya ke dalam air.
Ikan mas yang berenang di air secara alami dapat merasakan cahaya, tetapi tidak memiliki banyak reaksi terhadapnya. Pada saat ini cahaya terang di dalam air memiliki sedikit efek pada kelangsungan hidupnya. Setelah 20 detik, para ilmuwan melepaskan listrik di tempat cahaya bersinar, dan ikan merasakan listrik dan secara alami melarikan diri dengan cepat.
Para ilmuwan mengikuti perintah seperti itu: pertama Luncurkan cahaya terang, lalu luncurkan elektroda dan ulangi beberapa kali. Setelah itu, jika ikan hanya melihat cahaya terang, tanpa debit di belakangnya, secara naluriah akan melarikan diri. Ini cukup untuk menunjukkan bahwa ikan mas memiliki memori, jika tidak, itu tidak akan secara aktif menghindari cahaya. Tapi berapa lama memori ini bisa bertahan?
Para ilmuwan melakukan percobaan serupa lagi 1 bulan kemudian. Setelah menyalakan lampu, ikan yang sebelumnya dilatih segera bersembunyi. Ini menunjukkan bahwa ikan dapat mengembangkan memori jangka panjang, setidaknya tidak selama 7 detik. Terlebih lagi, ikan dapat mengingatnya dari generasi berikutnya.
Pitcher, seorang ichthyologist di University of British Columbia di Kanada, juga telah melakukan percobaan. Di laboratoriumnya, kolam pemeliharaan ikan mas ditanamkan dengan tabung dua warna berbeda, dan ikan mas bisa mendapatkan makanan jika mereka memilih warna yang benar.
Setelah periode pelatihan, tabung dengan warna dihilangkan. Setelah satu tahun, ketika para peneliti menempatkan tabung di Kolam lagi, ikan mas segera memilih tabung dengan warna yang memungkinkan mereka untuk mendapatkan makanan.
Singkatnya, semua penelitian tentang memori ikan mas menunjukkan bahwa ikan mas memiliki memori lebih dari tujuh detik. Klaim bahwa ikan mas tidak pernah bosan juga hanya mitos.