Roti Dari Berbagai Negara
Roti merupakan salah satu makanan tertua di dunia yang ada hampir di seluruh negara. Setiap negara punya roti tradisional yang jadi ciri khasnya, lebih dari sekadar roti tawar lho.
·Roti Tawar dari Italila
Italia juga memroduksi roti tawar yang sangat terkenal sebagai pelengkap saat menikmati pizza.
Pertama yaitu Ciabatta Bread, yang terbuat dari tepung gandum dan ragi. Roti ini berbentuk panjang bulat namun pipih, bagian kulit luar keras namun bagian dalam lembut. Pembuatan roti ini melalui proses pemanggangan dan saat akan dikonsumsi biasanya diiris tipis dengan aneka topping atau mentega saja. Roti ini mulai popular di daratan Eropa khususnya Spanyol serta Amerika pada akhir tahun 1990.
·Baguette, Perancis
Kalau kamu sering nonton serial tv Eropa atau Amerika, pasti sering menemukan roti berwarna coklat dengan bentuk memanjang ini. Namanya adalah baguette dan berasal dari Perancis, roti ini memiliki tekstur renyah diluar lembut di dalam dengan citarasa gurih dan manis. Baguette biasanya diolah dengan berbagai variasi, seperti menambahkan keju mozzarella di tengahnya lalu dipanggang.
·Bammy, Jamaika
Bammy atau bami terbuat dari singkong yang diparut dan diperas sari patinya. Pati ini nanti diolah jadi tepung dan dibentuk jadi adonan. Bammy biasanya jadi camilan atau makanan pendamping lauk layaknya roti canai.
·Pita Bread.
Roti ini bentuknya bulat dan pipih, disebut juga roti Arab karena dikonsumsi mayoritas oleh penduduk Timur Tengah. Konon roti ini merupakan menu wajib saat makan sebagai pengganti nasi. Tekstur roti ini kenyal dan lembut. Proses pembuatannya terbuat dari adonan puff dan di oven dalam oven bata dengan suhu lumayan tinggi 232 ° C. Disajikan dengan kombinasi keju, meses, selai, kare, gulai atau susu manis.
·Focaccia, Italia
Focaccia adalah roti khas Italia yang berbentuk datar. Roti ini memiliki bahan dan citarasa yang mirip dengan roti pizza, umumnya focaccia dihidangkan sebagai hidangan pembuka atau sebagai camilan. Bahan yang digunakan untuk membuatnya juga beraneka ragam sesuai dengan jenis, seperti rosemary, keju, daun sage, dan kentang.
·Naan, India
Roti naan mirip dengan roti canai yang populer di Asia Tenggara, bentuknya datar dan pipih serta citarasanya gurih. Di India, roti naan umumnya disajikan bersama kari, sup kentang, atau ayam tandoori. Namun saat ini, ada banyak inovasi roti naan seperti burger dengan roti naan sebagai luarannya, roti naan keju, dll.Itulah 5 roti khas berbagai negara yang bisa dijadikan referensi sarapan yang lezat, kalau kamu sedang bosan makan nasi ini adalah pilihan yang tepat.
Setiap negara memiliki roti spesial yang berbeda, dan ada lebih banyak roti berbeda yang menunggu untuk Anda temukan.