Memelihara Hewan
Memelihara dan merawat hewan peliharaan di rumah, dan lain sebagainya mungkin jadi suatu hal yang menyenangkan bagi setiap pemilik hewan peliharaan. Selain itu, memiliki hewan peliharaan juga mampu untuk mengusir rasa kesepian bagi seseorang, sekaligus bagian dari keluarga atau sahabat sejati di rumah.
Memelihara hewan bisa mendatangkan banyak manfaat, baik dari sisi psikologis maupun kesehatan. Efek positif ini dapat dirasakan siapa saja, baik orang dewasa maupun anak-anak, serta mereka yang menderita penderita penyakit tertentu.
Berikut ini adalah beberapa manfaat memiliki hewan peliharaan:
· Meningkatkan kekebalan tubuh
Memiliki hewan peliharaan diketahui dapat memperkuat sistem imun. Kekebalan tubuh yang lebih baik juga dapat terbentuk pada anak-anak yang tumbuh di lingkungan rumah dengan hewan peliharaan.
Penelitian terbaru pun mengungkapkan bahwa balita yang dibesarkan di dalam rumah dengan hewan peliharaan berisiko lebih rendah mengalami alergi, asma, dan eksim.
Meski demikian, sebagian orang mungkin tidak cocok atau alergi terhadap bulu hewan. Jika Anda atau anggota keluarga memiliki alergi tersebut, konsultasikan ke dokter terlebih dahulu sebelum hendak memelihara hewan.
· Memperkuat ikatan keluarga
Manfaat punya hewan peliharaan sebenarnya bukan hanya untuk anak tetapi juga untuk anggota keluarga secara keseluruhan. Ini karena hewan tersebut menjadi pemersatu keluarga.
Anda dapat melakukan kegiatan bersama keluarga untuk merawat peliharaan tersebut seperti bermain, jalan-jalan sore, atau memandikan dan memberi makan secara bersama-sama. Semua aktivitas menyenangkan itu dapat mempererat ikatan keluarga.
· Membantu perkembangan belajar anak berkebutuhan khusus
Pasalnya, memelihara hewan dapat membangun rasa empati, meningkatkan konsentrasi, melatih sensorik dan motorik, serta membuat emosi anak menjadi lebih stabil.
Meski begitu, Anda sebaiknya tetap mempertimbangkan usia dan kondisi anak. Jangan sampai memelihara hewan justru dapat menyebabkan anak cedera. Sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan para ahli sebelum memutuskan memiliki hewan.
· Menemani dan menjaga lansia
Sebuah penelitian menyatakan bahwa lansia dengan penyakit Alzheimer akan merasa lebih rileks, bahagia, dan merasa terhibur bila ia memiliki hewan peliharaan di rumah.
· Melatih kedewasaan anak
Bahkan balita sekalipun dapat diajarkan sejak dini tentang tanggung jawab dengan adanya hewan peliharaan di rumah. Ia bisa membantu Anda untuk mengerjakan tugas perawatan yang sederhana seperti menuang makanan ke piring.
Meskipun Anda yang mengerjakan sebagian besar tugas perawatan hewan tersebut, tapi anak dapat menyerap banyak ilmu dari perilaku yang Anda contohkan secara tidak langsung.
Jika Anda tidak memiliki hewan peliharaan, cobalah memiliki hewan peliharaan yang lucu, itu akan memberi Anda banyak manfaat.