Tips Bermain Biola
Biola merupakan alat musik yang hampir mirip seperti gitar yang cara memainkannya digesek,dalam sejarahnya bioala berasal dari bangsa Aria yang ada di India.seiring perkembangan jaman kini sangatlah banyak pemain profesional biola atau yang di sebut viola.
Agar anda dapat menjadi pemain yang pro maka dibutuhkan kegigihan yang tinggi dalam belajar,belajar,dan belajar,berikut tips dasar yang akan saya bagikan kepada anda sekalian.
langsung saja kita meluncur 5 tips bermain biola
1.Posisi Memegang Biola
Hal dasar yang harus diketahui sebelum dapat memainkan biola dengan baik dan benar adalah posisi memegang biola. Tentunya saat memainkan sebuah alat musik posisi memegang alat tersebut haruslah baik dan benar. Untuk biola sendiri posisi yang baik adalah posisi badan harus berdiri tegak dengan posisi kaki agak sedikit dibuka. Letakkan biola pada pundak kiri lalu jepit menggunakan dagu dan juga pundak anda. Cari posisi serileks dan senyaman mungkin agar tangan kanan anda dapat leluasa menggesek senar pada biola dan tangan kiri anda dapat leluasa menari memainkan senar.
2.Setel busur dan senar biola agar berfungsi dengan baik
Agar suara instrumen yang dihasilkan merdu, maka busur dan senar biola harus dipastikan dulu kualitas suaranya.
Penyetelan busur cukup dilakukan dengan memutar tension screw searah jarum jam untuk membuat rambut busur jadi lebih kencang. Setelah itu, bersihkan area rambut busur dari debu dan minyak menggunakan damar atau sejenisnya.
Sedangkan untuk mengatur senar biolanya, Anda harus membeli alat penyeteman suara elektrik atau bisa download dari aplikasi seluler.
Dengan menggunakan alat ini, coba buatlah suara dari senarnya dan tes kesesuaian kuncinya. Putarlah pegs dan buat urutan senar biola berurutan dari nada rendah ke tinggi dengan kunci G – D – A – E.
3.Menggenggam busur dengan cara yang benar
Selanjutnya teknik yang benar bermain biola adalah yang dapat Anda lakukan sebelum memegang busur, buatlah jari-jari tangan dalam keadaan rileks.
Posisikan tiga jari tengah di pegangan busur, tepatnya pada frog (sel rambut busur). Letakkan jari kelingking di penghujung pegangan yang dekat dengan sekrup.
Saat menempatkan ibu jari di balik pegangan tersebut jangan menempelkan telapak tangan pada pegangan atau busur. Buat semua jari dalam keadaan melengkung (lemas).
4.Lakukan teknik penggesekan senar biola yang sesuai
Untuk memulai penggesekan, tahan posisi biola dengan kuat agar tidak mudah goyah. Taruh rambut busur tepat di atas jembatan senar (1-2 cm dari penyangga senar di bawahnya).
Lakukan penggesekan dengan menarik — mendorong busur secara lurus (arah gesekan busur 90 derajat dari arah senar).
5.Memainkan teknik dasar biola tahap awal
Teknik yang benar bermain biola adalah dengan bermain tanpa kunci (terbuka). Kenali teknis gesekan dan ciri khas suara yang keluar dari masing-masing senar. Berikutnya, lakukan gesekan secara bertahap dari urutan atas ke bawah untuk kunci G – D – A – E.
Belajarlah melakukan gesekan satu per satu pada masing-masing senar. Berusaha untuk menggesekkan rambut busur di satu senar tanpa menyentuh senar lainnya. Lakukan gesekan pendek dan panjang agar mampu memahami gaya suara.
Semoga Anda menikmati artikel ini!