Ras Kucing Termahal
Kucing memiliki banyak jenis di antaranya ada yang merupakan hasil persilangan sehingga membuatnya menjadi ras kucing langka di dunia.
Sebagian ras dijual dengan harga yang terjangkau sehingga cukup banyak pecinta kucing yang memeliharannya. Namun, ada juga kucing yang dijual dengan harga selangit. Berikut adalah jenis kucing paling mahal di dunia:
• Savannah
Kucing yang telah dinobatkan dalam Guinness World Records sebagai ras kucing terpanjang di dunia dengan panjang mencapai sekitar 44 cm ini dijual dengan harga US$ 25.000 atau sekitar Rp 356,4 juta. Savannah merupakan pencampuran antara kucing domestik dari Persia dan kucing besar Afrika. Kucing ini dikenal setia dan aktif, sehingga memerlukan ruang yang cukup luas untuk mereka bermain. Kucing dengan ciri bertubuh tinggi dan elegan ini pertama kali diperkenalkan pada akhir abad ke-20. Savannah memiliki telinga yang besar, kaki panjang, dan bulu berbintik warisan kucing Afrika. Savannah memiliki naluri berburu yang kuat, sehingga kurang cocok untuk tinggal di rumah yang memiliki hewan peliharaan seperti ikan, hamster, dan burung. Namun, kucing ini bisa bersosial dengan kucing atau anjing lainnya di rumah.
• Persia
Kucing Persia pertama kali ditemukan tahun 1871 dan diakui secara resmi pada tahun 1890. Kucing ini menjadi salah satu kucing paling populer di kalangan pecinta kucing karena bulunya yang lebat dan wajahnya yang menggemaskan. Kucing Persia sendiri memiliki jenisnya lagi seperti Short Hair Persian, Chinchilla dan Himalaya. Kucing Persia memiliki harga sekitar 1000 - 6000 USD atau Rp14 juta hingga Rp84 juta.
• Ashera
Ashera dikenal sebagai kucing hibrida Afrika dan kucing macan Asia. Kucing peliharaan yang paling langka di dunia ini terkenal karena kecerdasan, kasih sayang, dan kesetiaannya. Destination Luxury mencatat harga kucing ini dapat mencapai US$15 ribu hingga U$100 ribu atau Rp216 juta hingga Rp1,4 miliar.
• Allerca Hypoallergenic Cat
Allerca Hypoallergenic Cat merupakan kucing yang tidak memiliki gen penyebab alergi pada manusia. Jenis kucing ini lahir dari hasil penelitian yang dilakukan Lifestyle Pets. Para peneliti menghapus atau menonaktifkan gen penyebab alergi itu. Harga Allerca Hypoallergenic Cat berkisar US$6 ribu atau Rp86 juta.
• Toyger
Kucing hasil kawin silang antara ras kucing domestik dengan ras Bengal ini dijual dengan harga US$ 5.000 atau sekitar Rp 71,3 juta. Kucing dengan corak bulu yang mirip dengan harimau ini diciptakan oleh peternak kucing bernama Judy Sudgen di sebuah Cattery bernama "EEYAAS Cattery" di Amerika Serikat. Toyger adalah kucing berotot berukuran sedang dengan tubuh panjang, persegi panjang, tulang besar, bahu tinggi, dan wajah berbentuk hati terbalik. Toyger dikenal supel. Mereka ramah dan suka bermain dengan orang maupun hewan peliharaan lainnya. Di samping itu, kucing ini memiliki kepribadian yang santai dan otak yang cerdas.
• Peterbald
Ras Peterbald termasuk ras kucing baru yang ditemukan pada tahun 1994 di St. Petesburg, Rusia. Peterbald merupakan persilangan antara kucing Sphynx dan kucing Short Hair. Kucing ini tidak memiliki bulu, karena itu Peterbald harus dirawat secara khusus. Kucing ini bisa kamu miliki dengan merogoh harga sekitar 1000 hingga 5000 USD atau sekitar Rp14 juta hingga Rp70 juta.
• Sphynx
Kucing Sphynx dulu memiliki nama Canadian Hairless. Kucing jenis ini merupakan salah satu kucing yang memiliki bulu sangat pendek, bahkan terlihat tidak berbulu jika kita lihat sekilas. Sphynx merupakan hasil rekayasa genetik. Nama Sphynx sendiri diambil dari nama patung Sphinx di Mesir. Kisaran harga Sphynx sekitar 1.300 hingga 1.600 USD atau sekitar 18 juta hingga Rp22 juta.
Itulah jenis kucing termahal di dunia. Berminat untuk memelihara salah satu ras langka dari hewan lucu ini? Semoga bermanfaat!