Fakta Bunga Bakung
Bunga bakung tumbuh di sebagian besar Eropa, sebagian besar Asia sampai Jepang.
Bakung adalah bunga yang masuk dalam genus lilium atau lili. Bunga bakung dalam bahas inggris disebut lily, di mana bunga ini merupakan bagian dari genus Lilium dari famili Liliaceae. Genus Lilium terdiri sebanyak 80 hingga 100 spesies yang menyebar di berbagai belahan dunia.
Bakung adalah tumbuhan tahunan dengan tinggi antara 60–180 cm. Bunga bakung biasanya memiliki tangkai yang kokoh, dengan kebanyakan suku bakung membentuk umbi polos di bawah tanah. Di beberapa suku Amerika Utara, dasar dari umbi ini berkembang menjadi rizoma atau rimpang.
Berikut fakta Menarik Bunga Bakung :
Tumbuhan Tahunan
Bakung merupakan bunga yang termasuk dalam tumbuhan tahunan. Dalam satu tahun, tanaman ini hanya berbunga satu kali, Bunga tanaman ini juga dapat bertahan cukup lama. Saat musimnya, bunga akan muncul barang sepanjang 30-50 sentimeter yang berfungsi sebagai penyangga bunga.
Kuliner Umbi Bunga Bakung
Umbi dari bunga lili alias bakung juga dapat diolah menjadi menu makanan. Kalau kamu penasaran, menu ini dapat menjadi salah satu hidangan yang harus dicoba. Meski demikian, tidak semua umbi bunga ini dapat dikonsumsi. Beberapa jenis bunga bakung yang umbinya dapat dimakan di antaranya adalah Lilium brownii, Lilium pumilum dan Lilium dauricum. Umbi-umbian sendiri dibudidayakan untuk makanan di Asia, khususnya di China, Korea, dan Jepang. Sementara di China, kamu dapat menemukannya di wilayah utara dan tengah.
Dapat Tumbuh di Mana Saja
Bunga bakung tersebar dari daratan Eropa, Asia hingga ke daratan India. Selain itu, bunga ini juga dapat tumbuh secara liar. Pasalnya, tanaman ini dapat menyesuaikan diri dengan habitat hutan, sehingga dapat tumbuh di pegunungan, padang rumput dan di rawa.
Lili Macan Memiliki Aroma Manis
Bunga lili macan dan lili putih terkenal dengan aroma manisnya.Namun, hal ini berbeda dengan jenis bunga bunga lainnya yang tidak memiliki aroma. Meski jenis lainnya tidak memiliki aroma, bunga lili ini tetap populer dan dicari sebagai tanaman hias outdoor maupun indoor di rumah.
Itulah beberapa fakta bunga bakung. Semoga bermanfaat!