Jenis-Jenis Angsa
Angsa merupakan jenis burung air yang berukuran besar dan dapat terbang.
Sekilas angsa serupa dengan bebek namun angsa dan bebek berbeda, yang membedakan angsa dengan bebek adalah bentuk dan ukuran tubuh angsa lebih besar ketimbang bebek.
Tidak hanya itu, ukuran telur angsa juga lebih besar dibandingkan dengan ukuran telur bebek.
Adapun untuk jenis – jenis angsa tersebut diantaranya adalah sebagai berikut ini :
Angsa Putih
Jenis angsa ini memiliki nama latin Cygnus olor, ia meruakan spesies angsa yang banyak terdapat di Eurosiberia dan Afrika Utara. Ia juga banyak ditemukan di Amerika utara yang datang ke daerah tersebut bersamaan dengan para pelayar dari eropa. Ukuran tubuhnya antara 125 – 170 cm dan memiliki bulu berwarna putih hampir di seluruh tubuhnya kecuali di bulu dekat dengan paruh yang berwarna hitam.
Populasinya di alam sudah sangat berkurang sehingga ia masuk ke dalam spesies yang dilindungi sejak tahun 1972. Beberapa hal yang menyebabkan populasinya berkurang adalah adanya pencemaran timbal di perairan, hilangnya habitatnya dikarenakan pembangunan serta akibat polusi udara.
Angsa Leher Hitam 
Angsa Leher Hitam begitulah kebanyakan orang menyebutnya. Angsa ini merupakan burung air yang juga memiliki leher yang panjang. Perbedaan angsa leher hitam ini terletak pada warna lehernya yang berwarna hitam sedangkan bagian tubuh memiliki warna bulu yang putih bersih. Tidak hanya itu untuk warna paruhnya pun juga cukup berbeda yakni merwarna merak merona. Sehingga membuat angsa leher hitam ini cukup unik dan banyak peminatnya. Keberadaan angsa leher hitam ini banyak ditemukan di wilayah Negara Amerika Selatan, Argentina dan juga Chile.
Angsa Hitam atau Black Swan 
Sesuai dengan namanya angsa ini dikenal dengan nama Angsa Hitam. Mengapa bisa disebut sedemikian rupa ? Karena angsa ini memiliki warna bulu yang dominan berwarna hitam terkecuali pada bagian sayapnya. Pada bagian sayap angsa hitam memiliki beberapa helai bulu yang berwarna putih.
Serta pada bagian paruh angsa ini berwarna merah dan untuk kaki angsa hitam berwarna cokelat agak kehitaman. Ciri angsa ini memang sangat nampak di bulu nya yang terlihat hitam total. Dan kebanyakan orang tidak menyangka bahwa tidak ada warna angsa selain putih. Bobot yang dihasilkan angsa hitam dapat mencapai 7 – 8 kg per ekornya, untuk tinggi angsa hitam mencapai 110 – 145 cm. Leher angsa hitam cukup panjang dan berbentuk menyerupai huruf “S”.
Coscoroba Swan
Coscoroba swan merupakan salah satu jenis angsa yang berasal dari Amerika Selatan. Hewan Coscoroba swan merupakan jenis angsa yang paling kecil. Jenis Coscoroba swan memiliki bulu berwarna putih dan terdapat sedikit bulu yang berwarna hitam pada ujung sayapnya. Paruh coscoroba swan berwarna merah.
Coscoroba swan yang berjenis kelamin jantan memiliki berat sekitar 3,8 hingga 5,4 kg sedangkan coscoroba swan berjenis kelamin betina memiliki berat yang lebih ringan yakni 3,2 hingga 4,5 kg.
Cygnus Melancoryphus
Jika coscoroba swan merupakan jenis angsa terkecil maka cygnus melancoryphus adalah jenis angsa terbesar. Habitat cygnus melancoryphus tersebar di Amerika Selatan. Panjang angsa cygnus melancoryphus dewasa mencapai 124 cm dengan berat mencapai 6,7 kg. Ukuran sayap dari angsa jenis ini adalah 135 cm hingga 177 cm. Ciri khas dari cygnus melancoryphus adalah bulu bagian badannya berwarna putih sedangkan pada bagian leher hingga bagian kepalanya berwarna hitam serta paruhnya berwarna hitam.
Angsa Hooper
Angsa Hooper (Cygnus cygnus), merupakan jenis angsa yang banyak terdapat di belahan bumi utara seperti Rusia dan Amerika Utara. Secara morfologi ia mirip dengan angsa putih yang memiliki tubuh diselimuti bulua abu-abu. Perbedaan keduanya adalah pada bulu antara paruh dan kepala pada angsa putih yang berwarna hitam. Tubuh hewan ini berukuran besar yaitu panjang sekitar 140 – 165 cm dengan lebar sayap antara 205 – 275 cm. Dia dianggap sebagai salah satu burung terbang terbesar yang ada di dunia. Populasi hewan ini di alam masih sangat banyak dan belum terancam kepunahan.
Itulah beberapa jenis angsa yang perlu kamu ketahui. Semoga bermanfaat!