Spesies Kupu-Kupu Tercantik
Kupu-kupu adalah salah satu serangga terindah dengan jumlah spesies terbanyak di dunia.
Kupu-kupu adalah sosok paling tepat untuk menggambarkan indahnya kebebasan. Jumlah spesies kupu-kupu pun sangat beragam, mulai dari bentuk, ukuran, dan coraknya. Dilansir dari Konservasi Sumber Daya Hutan dan Ekowisata Institut Pertanian Bogor, Indonesia memiliki kurang lebih 1.900 jenis kupu-kupu atau 10 persen dari semua jenis kupu-kupu dunia. Ini dia macam kupu-kupu tercantik di dunia:
• Dead Leaf Butterfly
Kupu-kupu daun adalah salah satu contoh paling cemerlang dari kemampuan kamuflase alam. Bagian bawah sayapnya berwarna gelap dan coklat. Ini memiliki pola tidak beraturan yang terlihat seperti daun kering. Berbeda dengan bagian bawah, bagian atas sayap kupu-kupu ini tampak memiliki banyak warna mencolok seperti biru, coklat, putih, dan jingga. Mereka juga disebut sebagai kupu-kupu berdaun India, biasanya hidup di hutan tropis Asia.
• Forest Giant Owl Butterfly
Kupu-kupu yang menarik ini terkenal berkat bintik besar pada sayapnya yang menyerupai mata burung hantu. Ini merupakan satu cara untuk melindungi diri dari predator dengan menyamar seperti hewan lain. Kupu-kupu ini bisa kamu temukan di Amerika Tengah dan Amerika Selatan.
• Blue Morpho
Blue morpho merupakan kupu-kupu yang cantik dengan sayap seperti peri.Blue morpho memiliki sayap yang mengkilat,dengan ukuran kisaran 8 inci. Kupu-kupu ini dapat ditemukan di daerah amerika tengah, selatan dan meksiko. Apabila kalian ingin melihat blue morpho secara langsung bisa datang atau berkunjung ke taman-taman kupu-kupu di Amerika. Karena di Amerika sana biasanya banyak terdapat taman kupu-kupu.
• Glasswinged Butterfly
Seperti namanya, kupu-kupu ini memiliki sayap transparan. Mereka umumnya ditemukan di Meksiko dan Kolombia. Karena sayapnya yang transparan, kupu-kupu ini sulit ditangkap oleh burung pemangsa dan reptil. Tepinya yang kemerahan masih menghalangi pandangan kamu yang melihatnya. Serangga yang memakan nektar bunga Lantana ini bisa berimigrasi ke Amerika Serikat.
• Apollo Butterfly
Kupu-kupu ini memiliki warna terang dengan bintik pada sayapnya. Terdapat bintik hitam dan merah di bagian bawah sayap mereka. Kamu bisa melihat mereka di beberapa area di Italia, Spanyol dan Perancis. Warna dan Terangnya bintik merah berbeda-beda tergantung dari tempat mereka tinggal. Sayangnya kupu-kupu ini sekarang sudah menjadi hewan yang terancam punah. Kupu-kupu ini unik karena bisa mengeluarkan bau ketika diserang musuh.
• Australian Painted Lady
Namanya cukup mewah bagi seekor kupu-kupu, entah siapa yang memberikan nama tersebut. Namanya yang bagus berbanding lurus dengan bentuk dan corak yang indah. Sehingga sangat wajar sekali mendapatkan nama tersebut. Sesuai namanya, kupu-kupu ini berasal dari Australia. Jika kalian menganggap di Australia tidak ada kupu-kupu tentu kesalahan besar, terbukti dengan adanya jenis kupu-kupu ini. Selain terdapat di Australia, kupu-kupu jenis ini bisa ditemukan di New Zealand. Bagaimana minat untuk berburu Aaustralian painted lady.
• Emerald Swallowtail
Kupu-kupu Emerald Swallowtail adalah salah satu jenis dari keluarga kupu-kupu Swallowtail yang memiliki ekor di sayapnya. Ada sekitar 550 jenis kupu-kupu seperti ini di seluruh dunia. Kupu-kupu ini juga adalah kupu-kupu dengan warna paling cantik dan besar yang terdapat di Asia Tenggara. Kupu-kupu ini berwarna hitam dengan garis hijau, biru atau kuning di sayapnya.
• Red Lacewing Buterfly
Kupu-kupu yang berasal dari daerah philifina ini memiliki bentuk seperti kupu-kubu besar di Indonesia, dengan warna sayap bagian tengah merah bata. Nah yang menjadikan unik red lacewing buterfly memiliki sayap yang berenda. Tentu sangat jarang sekali kita menemukan kupu-kupu semacam ini. Kupu-kupu ini dapat dengan mudah ditemukan seperti di India, Nepal dan termasuk di Indonesia. Jadi kalian tidak perlu jauh-jauh ke India atau Nepal hanya untuk sekedar mencari jenis kupu-kupu ini, sebab di Indonesia juga ada. Kecuali niatnya sekalian untuk liburan.
Itu tadi kupu-kupu tercantik di dunia. Semoga bermanfaat!