Fakta unik ikan betta
Ikan betta adalah ikan berwarna cerah yang sering terlihat berenang sendirian di dalam toples bening, atau akuarium.
Ikan betta yang disebut dengan ikan cupang ini sangat terkenal di berbagai kalangan usia. Banyak yang mulai memelihara ikan cupang yang indah ini untuk dijadikan hiasan di rumah mereka.
Jenis ikan hias kecil ini mampu menarik perhatian karena warna dan bentuknya yang indah. Tak heran jika banyak orang yang mulai mencarinya untuk dipelihara. Beberapa orang rela merogoh budget yang cukup dalam untuk membeli seekor ikan cupang saja. Berikut fakta paling menarik tentang ikan betta:
Ikan cupang berasal dari Asia Tenggara
Ikan cupang berasal kawasan Asia Tenggara, terutama dari lembah sungai Mekong di Thailand, Laos, Vietnam, dan Kamboja, juga Indonesia. Tapi, mereka paling sering ditemukan di sungai Chao Phraya Thailand. Bahkan, ikan aduan siam dinobatkan sebagai hewan akuatik nasional Thailand pada awal tahun 2019. Ikan dapat ditemukan di sawah, parit drainase, dataran banjir, dan hampir semua genangan air lainnya di wilayah asalnya. Di habitat ini, mereka sering mengalami banjir, badai dan kekeringan.
Tak bisa berbagi ruang
Ikan cupang, tidak seperti spesies lain, bukanlah ikan berkelompok dan akan berkelahi satu sama lain, apa pun jenis kelaminnya. Ikan cupang lebih suka berenang sendiri dan juga membutuhkan tempat yang nyaman untuk bersembunyi. Gua air atau sudut tanam yang rapat sangat cocok untuk membuat cupang merasa aman.
Ikan Cupang Tidak Bisa Hidup di Air Dingin
Banyak yang mengira ikan cupang bisa ditempatkan di mana saja di sudut ruang manapun di dalam rumah. Faktanya tidak demikian. Ikan cupang merupakan hewan yang habitat aslinya adalah lingkungan tropis. Jadi hewan ini membutuhkan suhu yang sedikit hangat baginya untuk bertahan hidup. Bukan tidak bisa kamu tempatkan di ruangan kamar yang mempunyai pendingin ruangan, akan tetapi ikan cupang milikmu pasti tidak akan gesit dan terlihat lesu saat kamu pelihara disana. Jadi jika kamu ingin tetap menaruhnya di dalam kamar, jangan lupa pasang penghangat air untuk memberikan kenyaman baginya.
Ikan Cupang Jantan yang Menjaga Telurnya
Ini adalah hal yang mungkin sangat unik dan jarang terjadi pada setiap hewan yang sedang berkembang biak. Kebanyakan hewan yang berkembang biak, biasanya betina lebih mendominasi untuk menjaga telur atau menjaga anaknya dari gangguan apapun.
Nah pada ikan cupang ini, ikan jantanlah yang ternyata menjaga telur ikan cupang dari sentuhan apapun termasuk ikan cupang betinanya. Selama kurang lebih 3 hari ikan cupang jantan menunggu menetasnya telur yang ikan betina hasilkan. Justru, jika ikan cupang betina tidak dipisahkan di akuarium yang berbeda, bisa saja ikan cupang betina malah memakan telur-telurnya
Itulah beberapa fakta unik ikan betta. Semoga bermanfaat!