Fakta Panda Merah
Panda merah adalah salah satu mamalia yang sulit dipahami dan sangat misterius di hutan Himalaya.
Hewan ini juga disebut "firefox", "lesser-panda", hingga "beruang kucing merah". Namun, beberapa ahli lebih suka menyebut mereka sebagai "panda pertama" dan "panda asli".
Hal ini seperti yang dijelaskan oleh ilmuwan barat, 50 tahun sebelum panda raksasa diberikan nama tersebut. Hewan dengan nama latin Ailurus fulgens ini adalah hewan yang terampil dan akrobatik karena sebagian besar tinggal di atas pohon. Hampir 50 persen habitat panda merah ada di Himalaya Timur. Berikut ini beberapa fakta panda merah:
Ukurannya gak jauh beda dengan kucing rumah
Ukuran panda merah ternyata gak sebesar yang kamu bayangkan. Besar badannya sebenarnya hanya sedikit lebih besar dari kucing rumahan. Hanya saja mereka punya ekor yang tebal dan panjang sehingga ukurannya terlihat jauh lebih besar. Ekor panda merah adalah ciri khas yang membuat hewan ini sangat mirip dengan rakun. Panjang ekornya bisa hampir sama dengan panjang badannya sendiri. Panda merah menggunakan ekornya yang tebal dan berbulu ini untuk menghangatkan badannya saat tidur, persis seperti memakai selimut.
Memakan bambu dalam jumlah besar setiap harinya
Tak jauh berbeda dengan panda raksasa, panda merah juga tidak bisa mencerna selulosa. Akibatnya, mereka harus mengonsumsi bambu dalam jumlah besar agar bisa tetap hidup. Sekitar 2/3 dari makanan mereka adalah bambu. Sisanya adalah serangga, telur, akar, rumput, buah-buahan, bunga, jamur hingga ikan.Bagian rebung (tunas bambu) lebih mudah dicerna daripada daun. Tak heran, panda merah bisa mengonsumsi hingga 4 kg rebung bambu serta bagian pucuk dan daun bambu sebanyak 1,5 kg. Bambu cepat dicerna oleh sistem pencernaannya, hanya membutuhkan waktu 2-4 jam saja. 
Reproduksi Panda Merah
Musim kawin panda merah adalah dari Januari hingga April. Seperti panda raksasa, panda merah betina hanya subur selama satu atau dua hari dalam setahun. Setelah kawin, betina akan membangun sarang atau menemukan batang pohon berlubang atau gua kecil untuk melahirkan bayinya. Masa kehamilan panda merah hanya sekitar 100 sampai 145 hari dan setelah itu mereka akan melahirkan anak sebanyak 1 hingga 4 ekor. Saat lahir, anak-anaknya ini akan memiliki berat rata-rata 110 hingga 130 gram saja dan memiliki bulu yang tebal dan berwarna abu-abu. Telinga dan mata mereka tertutup saat lahir dan akan mulai terbuka sekitar 2 -3 minggu. Mereka akan tinggal di sarang menyusui dari ibu mereka selama sekitar 90 hari. Kemudian, mereka akan mulai menjelajah dan mulai makan makanan padat. Penyapihan terjadi pada usia 6-8 bulan dan pada saat ini mereka akan berukuran hampir sama dengan induknya. Pada usia antara 18-20 bulan, mereka akan meninggalkan induknya. Pada tahap ini, anak mereka yang betina dapat memiliki anak sendiri dan ibu mereka juga bisa memiliki anak lagi sendiri.Panda merah jantan jarang membantu apa pun yang berkaitan dengan anaknya.
Tingkahnya seperti kucing, tapi suaranya seperti burung
Persis seperti kucing, mereka senang memanjat pohon, bermain, dan bergulingan kesana kemari. Panda merah umumnya pendiam dan jarang mengeluarkan suara. Tapi sekalinya mereka bersuara, kamu pasti bakal makin heran. Ternyata suara panda merah itu mirip burung. Ya, suara mereka mirip kicauan dan siulan burung.
Mereka hewan langka dan terancam punah
Karena begitu unik dan imut, tentu sangat disayangkan kalau panda merah sampai punah. Tapi sayangnya itulah yang bisa saja terjadi. Populasi panda merah di alam liar terus berkurang. Penyebabnya tentu adalah rusaknya habitat mereka karena ulah manusia. Upaya konservasi terhadap panda merah pun terus dilakukan. Panda merah tergolong hewan yang mudah beradaptasi di kebun binatang, maka mereka cukup umum di kebun binatang di Asia.
Itulah beberapa fakta menarik panda merah. Semoga bermanfaat!