Makanan Bahaya Untuk Kucing
Sebagai pemilik kucing yang baik, kita harus memberikan makanan yang terbaik untuk kucing peliharaan.
Kucing memang selalu menginginkan seluruh makanan yang dimakan oleh manusia. Namun, ada beberapa jenis makanan manusia yang bersifat racun bagi kucing, sehingga tidak boleh diberikan.
Apa sajakah makanan yang dimaksud? Simak berikut ini!
Cokelat
Mengutip Pet Helpful, cokelat beracun bagi kucing dan dapat menyebabkan beberapa masalah serius. Kucing tidak selalu tertarik dengan cokelat, tetapi apapun yang mengandung cokelat atau serpihan cokelat dapat membahayakan mereka.
Susu, Keju, dan Produk Olahannya
Kebanyakan kucing tidak toleransi terhadap laktosa. Itu berarti, susu sapi dan produk olahannya, seperti keju atau krim dapat memicu gangguan kesehatan pada kucing peliharaan. Kandungan susu sapi dapat memicu gangguan pencernaan dan menimbulkan sejumlah masalah umum, seperti muntah dan diare.
Lantas, bagaimana dengan anak kucing yang tidak memiliki induk? Aturan yang sama berlaku pada anak kucing. Jika ingin diberikan susu, sebaiknya berikan susu formula khusus anak kucing. Susu khusus ini dapat memberikan nutrisi penting untuk pertumbuhannya dan tidak memicu gangguan pencernaan.
Makanan Anjing
Makanan anjing menjadi pantangan makanan hewan peliharaan selanjutnya. Jika dirawat berbarengan, kucing bisa saja mencicipi makanan anjing. Bukan hal yang membahayakan jika hanya sesekali dicicipi. Namun, jika kucing terus-menerus memakan makanan anjing, ia bisa saja mengalami kekurangan gizi.
Makanan Berbumbu
Hindari memberikan ikan atau ayam yang berbumbu untuk kucingmu. Makanan yang berbumbu biasanya mengandung bawang-bawangan. Sementara, bawang bombay, bawang putih, bawang merah, dan daun bawang malah menjadi racun untuk kucing. Bawang-bawangan ini dapat memicu kerusakan sel darah merah pada kucing.
Anggur dan Kismis
Ada beberapa hewan yang bisa makan anggur dan kismis, ada yang tidak.Kucing dan anjing tidak bisa memakannya, karena biasanya akan muntah dan diare.Tak hanya itu, kucing dan anjing juga akan kehilangan selera makan, lesu, dan sakit perut.
Roti dan ragi
Kucing terkadang dapat makan roti dengan aman, tetapi perhatikan bahwa roti tidak mengandung nilai gizi bagi mereka (hampir tidak mengandung lemak atau protein), jadi sebaiknya tidak menggantikan pola makan makanan normal mereka.
Nah itulah beberapa makanan yang berbahaya untuk kucing. Semoga bermanfaat!