Tips Memelihara Kucing
Kucing adalah salah satu hewan yang banyak disukai untuk dijadikan peliharaan di rumah.
Merawat kucing tidak boleh sembarangan. Bukan hanya tempat tinggal dan makanan, ada beberapa hal lain yang harus kamu perhatikan dalam merawatnya. Pastikan kucing terhindar dari penyakit yang bisa membahayakan dirinya ataupun anggota keluarga di rumah. Bagaimana cara merawat kucing dengan baik? Yuk simak informasinya!
Grooming
Cara merawat kucing yang tidak kalah penting adalah kebutuhan kucing untuk grooming. Pada dasarnya kucing adalah hewan yang suka kebersihan dan mampu membersihkan diri sendiri, sehingga tidak perlu sering dimandikan. Namun pada beberapa spesies, khususnya yang berbulu panjang, memerlukan perhatian khusus dalam aspek kebersihan.
Kucing Adalah Pemakan Daging 
Kucing adalah hewan yang masih bersaudara dengan harimau, singa, cheetah, leopard, dan sejenisnya. Hewan ini tergolong binatang karnivora alias pemakan daging. Jadi berikan makanan yang sesuai. Berikan kucing berupa makanan yang berasal daging hewan seperti ayam, sapi, ikan, atau lainnya. Hindari untuk memberikan makanan berupa sayuran lantaran susah dicerna dengan baik oleh kucing. Jika kucing diberikan makan berupa nasi dan sayur maka kotorannya bisa lebih berbau jika dibandingkan makan daging.
Menyikat Bulu Kucing Secara Teratur 
Jika kucing di rumah memiliki bulu yang sangat lebat seperti Munchkin, British Shorthair atau Persia, kamu harus rajin menyikatnya. Bulu kucing akan semakin terawat. Kamu juga bisa melihat apakah kucing terkena kutu atau tidak. Hal ini menjadi bagian cara memelihara kucing di rumah, tentunya agar si anak bulu menjadi terawat dan juga sehat.
Menyediakan air segar untuk minum
Kamu juga harus menyediakan air bersih dan segar untuk minum kucing. Pastikan untuk mencuci dan mengisi ulang wadah minum kucing setiap hari agar terhindar dari kontaminasi kuman. Jika kucing tidak mau minum dari mangkuk, kamu bisa mencoba memberinya gelas yang tinggi karena sebagian kucing tidak suka membungkuk untuk minum. Tips merawat kucing ini tak kalah penting untuk dilakukan.
Menyiapkan rumah kucing
Kucing sebaiknya memiliki tempat khusus untuk tidur dan beristirahat. Nah, kamu bisa menyiapkan rumah kucing untuknya. Alas tidur kucing dapat dilapisi selimut yang lembut dan hangat. Namun, pastikan kamu membersihkan tempat tinggal kucing secara teratur agar terhindar dari kuman.
Mengunjungi dokter hewan 
Perawatan kucing yang tepat tentunya melibatkan kunjungan ke dokter hewan secara rutin. Kunjungan ini dapat membantu mendeteksi penyakit yang ada pada kucing sedini mungkin, memberikan vaksin, membersihkan gigi kucing, atau melakukan sterilisasi. Dokter hewan juga akan memberi tahu berapa berat badan kucing dan apakah berada dalam kisaran yang sehat atau tidak. 
Mengajarkan Kucing untuk Buang Air Pada Tempatnya 
Sejak kecil, kucing sudah bisa diajarkan untuk buang air kecil dan buang air besar pada tempatnya. Untuk itu, harus ada tempat khusus atau litter box berisi pasir atau pasir buatan tempat kucing buang air. Salah satu cara memelihara kucing di rumah adalah mengajarkan kucing mengenai kebiasaan ini, tentunya agar kamu tidak repot untuk membuang kotoran yang berserakan.
Itulah beberapa cara merawat kucing yang benar. Jangan sampai kamu hanya memelihara hewan yang lucu ini, tetapi tidak mengurusnya dengan tepat. Semoga bermanfaat!