Fakta Menarik Beruang Kutub
Beruang kutub atau nama ilmiahnya Ursus maritimus ini adalah salah satu jenis beruang di wilayah Arktik yang dipenuhi oleh es.
Secara fisik, beruang kutub memang terlihat sangat menggemaskan dengan badan besar dan bulu yang berwarna putih. Berikut ini fakta menarik tentang beruang kutub :
Warna Kulitnya Hitam Bukannya Putih
Banyak orang pasti mengira kalau warna kulit beruang kutub berwarna putih. Namun, kenyataannya warna kulit beruang kutub adalah hitam, lo. Sedangkan, rambut beruang kutub berwarna transparan dan bisa memantulkan cahaya. Oleh karena itu, kita melihatnya seperti berwarna putih seperti salju di kutub. Rambut beruang kutub bisa membantunya menyamarkan diri dari mangsa ketika sedang berburu.
Memiliki tubuh raksasa
Mereka memiliki ukuran kepala yang lebih kecil dibanding jenis beruang lain dan berleher panjang. Bahu beruang ini sendiri saja jika diukur dalam ketinggian mencapai angka 1,6 m.
Beruang kutub jantan dewasa memiliki bobot antara 300-800 kg dan memiliki panjang yang mencapai 2,5 m dari ujung hidung hingga bagian belakang tubuhnya. Sementara itu, beruang kutub betina ukuran tubuhnya jauh lebih kecil, yakni antara 150-300 kg dan jika diukur memiliki panjang antara 1,8-2 m.
Hewan yang Bersih
Beruang kutub harus menjaga bulunya tetap bersih agar bisa berfungsi sebagai isolator yang baik. Setelah makan biasanya berung kutub akan membersihkan diri dengan berenang atau berguling di salju. Tujuan berguling di salju tidak hanya untuk membersihkan diri, melainkan juga untuk menjaga kondisi tubuh mereka tetap dingin. Karena beruang kutub cenderung rentan terhada panas yang berlebih.
Bisa Berenang dan Berjalan Jauh
Karena tempat tinggal beruang kutub yang di es dan dikelilingi oleh lautan. Tentu beruang kutub juga banyak menghabiskan waktunya di air untuk berburu mangsa dan menyebrang ke daratan es lainnya. Mereka juga bisa berjalan jauh sekali sampai 2.300 mil, karena mereka adalah hewan yang berpindah-pindah tempat.
Hanya hidup selama 30 tahun
Di alam liar, beruang kutub diperkirakan hanya dapat hidup selama 25 sampai 30 tahun lamanya. Kematian tahunan dari beruang kutub sebesar 8 sampai 16%. Pada beruang kutub yang hidup di penangkaran, dilaporkan bahwa masa hidup terpanjang dipegang oleh seekor beruang kutub betina yang mati di Kebun Binatang Detroit pada tahun 1991. Tepat pada umur 43 tahun 10 bulan.
Tak hanya berwarna putih
Bulu dari mamalia bertubuh besar ini berwarna putih, tetapi dapat berubah menjadi kekuningan pada musim panas akibat oksidasi. Beruang kutub juga bisa muncul dengan dengan warna cokelat atau abu-abu sesuai dengan kondisi musim dan cahaya. Sejatinya, warna kulit dari beruang kutub adalah hitam dan bulunya terlihat sangat bersih akibat tak memiliki pigmen. Fisiknya yang begitu putih merupakan akibat bias cahaya dari helaian bulu bersihnya. Kaki depan dari para beruang kutub sangat lebar dan menjadi dayung sempurna ketika mereka berenang. Sedangkan bulu-bulu yang ada pada bagian kaki depan dan belakang berfungsi sebagai sekatan dan daya tarik saat mereka berjalan di es dan salju.
Sumber Makanan
Beruang kutub merupakan hewan yang paling karnivora di antara seluruh keluarga beruang. Sumber makanan utama beruang kutub berasal dari laut. Biasanya beruang kutub akan memangsa jenis anjing laut bercincin karena mereka butuh sejumlah besar asupan lemak. Perut beruang kutub mampu menampung makanan yang setara dengan 15-20% berat badannya sendiri.
Nah, itulah teman-teman fakta-fakta menarik dari beruang kutub. Semoga bermanfaat!