Ayo Pelajari Resep Ini
Apa itu pancake? Pancake atau pannenkoek (dalam bahasa Belanda) adalah kue dadar yang terbuat dari bahan-bahan seperti : terigu, telur, gula, dan susu. Bahan-bahan tersebut dicampur dengan air untuk dijadikan adonan.
Adonan tersebut lalu digoreng diatas wajan datar atau pan yang telah diolesi minyak. Biasanya di atas pancake ditambahkan: mentega, sirup mapple, selai, atau madu. Untuk variasi, pancake juga bisa dimakan dengan keju, buah beri, dan irisan daging.
Indonesia sebenarnya juga memiliki kue sejenis pancake, yaitu jajanan pasar (tradisional). Misalnya : Serabi, apem, kue lumpur, dan kue leker.
Cara membuat pancake sederhana:
· Siapkan wadah untuk adonan pancake, masukkan tepung terigu, kuning telur dan garam.
· Gunakan spatula atau whisk untuk mengaduk-aduk adonan, aduk sampai merata dan benar-benar tercampur. Jika masih ada gumpalan atau gelembung pada adonan, aduk lagi sampai menghilang.
· Gunakan mixer untuk mengocok putih telur pada wadah yang berbeda. Setel pengatur kecepatan ke mode tinggi pada mixer anda.
· Tuangkan adonan putih telur ini ke dalam adonan tepung terigu. Dengan menggunakan spatula, aduk-aduklah adonan hingga merata.
· Siapkan teflon atau wajan anti lengket diatas kompor yang menyala dengan api kecil, lalu cairkan sedikit margarin.
· Setelah wajan menjadi cukup panas, tuangkan kira-kira 2.5 sendok sayur adonan lalu tutupilah wajan dengan penutupnya.
· Tunggu sebentar lalu baliklah adonan tersebut. Lakukan sampai matang dan berwarna kecoklatan.
· Kemudian, angkat adonan dan letakkan diatas piring. Taruh 2 scoop ice cream di atasnya, lalu tambahkan sedikit sirup maple dan lelehan coklat.
· Pancake sederhana siap untuk dinikmati.
Pancake ideal memiliki tektur berpori dan pluffy (tebal namun lembut) dengan menambahkan buttermilk, kerena buttermilk sulit di temui di indonesia, ganti dengan 200 ml susu yang diaduk dengan setengah sendok makan air lemon.
Jangan olesi wajan dengan minyak mentega, karena dapat menyebabkan permukaan pancake garing dan warnanya tidak merata.
Begitulah resep cara membuat pancake yang sederhana dan mudah. Semoga bermanfaat.
Semoga Anda menikmati artikel ini!