Fakta Tentang Bintang Laut
Jika seseorang bertanya padamu, apa itu bintang? Kamu mungkin akan menjawab, bintang adalah benda langit yang memiliki cahaya sendiri. Kalau perlu kamu juga akan memberitahu bahwa matahari adalah bintang bagi tata surya kita dan jadi sumber kehidupan di bumi.
Tapi, bintang ternyata bukan hanya ada di langit tapi juga di laut. Tentu saja bintang laut tidak sama dengan bintang yang ada di langit melainkan hewan laut yang memiliki bentuk seperti bintang. Nah selain bentuknya yang unik, bintang laut ternyata juga tidak memiliki otak.
Lho bagaimana bisa hewan laut satu ini bisa hidup tanpa otak? Cari tahu jawabannya sama-sama yuk!
- Bintang laut bukan ikan
Kita sering beranggapan bahwa semua makhluk hidup yang hidup di laut adalah ikan. Tapi itu tidak benar! Bintang laut contohnya, alih-alih ikan, bintang laut justru masuk dalam golongan filum Echinodermata yang artinya mereka masih satu keluarga dengan bulu babi, dan teripang. Selain itu, bintang laut juga tidak memiliki insang, sisik, bahkan sirip seperti ikan. Terakhir, bintang laut juga tidak berenang seperti ikan.
- Mampu terlahir kembali meski sudah teramputasi
Selain memiliki bentuk yang khas, fakta tentang bintang laut yang mengejutkan ialah mereka bisa menumbuhkan kembali lengan-lengannya. Dalam beberapa kasus, bintang laut bahkan mampu untuk menumbuhkan kembali seluruh anggota badannya.
Mereka mampu melakukan hal tersebut dengan menempatkan seluruh organ vitalnya di lengan. Beberapa bintang laut membutuhkan tubuh bagian sentral untuk bisa tumbuh dengan sempurna seperti sediakala, namun beberapa jenis spesies lainnya dapat tumbuh layaknya terlahir kembali hanya dari sisa potongan lengan mereka.
- Memiliki teknik berburu mangsa yang unik
Bintang laut mengunakan kaki yang dipenuhi dengan tabung-tabung kecil untuk menggenggam dan membawa mangsanya ke dalam mulut. Mulut dari bintang laut ini terletak di bawah tubuh. Uniknya, bintang laut memiliki kemampuan untuk memangsa makanan melalui perut yang ada di luar tubuhnya.
Cara kerjanya ialah dengan mengeluarkan cairan yang mampu mencairkan mangsanya sehingga dapat terserap sempurna ke dalam perut. Setelah berhasil dicerna, perut bintang laut tersebut akan kembali ke tempat asalnya. Bentuk adaptasi ini memperkenankan sang bintang laut untuk memakan mangsa yang lebih besar darinya.
- Mampu hidup selama puluhan tahun
Bintang laut mampu bertahan hidup cukup lama.Beberapa spesies dari bintang laut bahkan dapat hidup selama lebih dari 30 tahun.
- Tidak semua bintang laut berbentuk bintang
Hanya karena namanya bintang laut atau starfish, tidak berarti semua bintang laut memiliki bentuk seperti bintang. Terdapat 2.000 jenis bintang laut yang hidup di berbagai zona. Beberapa bintang laut hidup di wilayah tropis namun ada juga yang hidup di perairan dalam.
Dan dari semuanya, beberapa di antaranya memiliki bentuk yang berbeda dengan bintang laut pada umumnya. The Cushion Starfish adalah salah satu bintang laut yang memiliki bentuk seperti gumpalan berbentuk bulat.
- Sama seperti hewan lainnya, bintang laut juga punya mata
Selain punya kaki, bintang laut juga punya mata. Mata tersebut terletak di ujung lengan bintang laut. Tentu saja, kemampuan mata mereka tidak sebagus mata hewan lain apalagi manusia. Namun setidaknya, mata bintang laut mengenali warna dan cahaya yang membuat mereka bisa bergerak ke arah yang benar atau bergerak mencari makanan yang bersembunyi.
- Memiliki perut yang bisa mencerna makanan di luar mulut
Bintang laut ternyata juga punya mulut. Hanya saja, karena ukurannya yang sangat kecil agak sulit bagi bintang laut untuk memasukkan semua makanannya sekaligus. Untuk mengatasi ini, bintang laut memiliki perut yang bisa mencerna makanan di luar tubuhnya. Sehingga ketika masuk ke mulut, makanan tersebut sudah berukuran jauh lebih kecil.
Menakjubkan sekali bukan bintang laut ini? Jika kamu kebetulan bertemu dengannya di laut, jangan disakiti ya.