Bahaya Limau Gedang
Jeruk limau gedang (Citrus paradisi) adalah sejenis jeruk yang rasa buahnya masam, ada campuran sedikit rasa manis dan pahit.
Buah ini adalah golongan sitrus yang merupakan hasil persilangan antara jeruk biasa dan jeruk bali (pomelo). Sesuai namanya, buah ini memiliki daging buah berwarna kemerahan atau merah muda dan kulit buah berwarna jingga.
Nama limau gedang mungkin masih terdengar asing di telinga kita. Buah yang dalam bahasa Inggris disebut grapefruit ini dikenal sebagai jeruk bali merah.
Jeruk limau gedang merupakan sumber vitamin C yang baik, mengandung serat pektin, dan antioksidan likopen. Sebuah penelitian menyatakan bahwa buah ini dapat digunakan untuk membantu menurunkan kadar kolesterol. Meskipun demikian, jeruk limau gedang dikenal memiliki interaksi dengan banyak obat-obatan, dan seringkali menimbulkan efek samping akibat interaksinya dengan obat.
Efek yang ditimbulkan akibat interaksi obat dengan jeruk limau gedang berlangsung melebihi 72 jam, oleh karena itu memberi jarak waktu antara makan obat dengan jeruk ini tidak akan menyelesaikan masalah. Terdapat lebih dari 85 jenis obat yang berinteraksi dengan jeruk limau gedang, contohnya adalah diazepam, alprazolam, simvastatin, atorvastatin, amlodipin, sildenafil, nimodipin, kodein, warfarin, dan parasetamol.
Semoga artikel ini bermanfaat!