Mercusuar
Apakah Anda tahu siapa yang menciptakan mercusuar? Siapakah yang terpikirkan untuk menggunakan mercusuar sebagai pemandu kapal?
Mercusuar pertama kali muncul pada tahun 270 sebelum masehi. Dikatakan bahwa Raja Mesir memiliki mercusuar pertama di dunia terletak di Pulau Pharos, Mesir. Mercusuar ini berfungsi untuk memandu kapal-kapal menuju ke pelabuhan Alexandria. Mercusuar Alexandria termasuk dalam daftar 7 keajaiban dunia.
Mercusuar tersebut telah berdiri tegak selama 1500 tahun lamanya, namun sayangnya pda tahun 1480 mercusuar tersebut runtuh dan menjadi puing-puing didasar laut setelah mengalami kerusakan akibat guncangan dua musibah gempa.
Berikut ini mercusuar-mercusuar terkenal dari beberapa negara.
1. Mercusuar Hercules
Mercusuar ini terlihat berbeda dibandingkan mercusuar biasa, terletak di Peninsula, Propinsi Galicia, barat laut Spanyol.
Mercusuar ini dibangun pada zaman Romawi dan merupakan mercusuar romawi tertua yang berusia 1900 tahun dan masih beroperasi sampai saat ini.
Dinamai seperti salah satu tokoh mitologi Yunani Hercules, mercusuar ini memiliki tinggi 55 meter dan pernah direhabilitasi pada tahun 1971.
Pada tahun 2009 bangunan ini masuk kedalam daftar situs warisan dunia dan dinyatakan sebagai Monumen Nasional Spanyol.
Ada pepatah mengenai Mercusuar Hercules yaitu jika ada orang-orang yang pernah berpisah di menara ini akan bertemu kembali.
2. Mercusuar Les Eclaireurs
Apakah bangunan mercusuar berwarna merah dan putih ini terlihat familiar?
Tempat ini merupakan salah satu destinasi wisata yang pastinya menjadi impian para anak muda untuk mengunjunginya sekali dalam seumur hidup mereka.
Jika mendengar dari orang-orang yang pernah mengunjungi tempat ini, mereka berkata bahwa berada disana, Anda serasa dapat melepaskan semua beban dalam kehidupan Anda, seolah-olah Anda berhenti sejenak dari kehidupan sehari-hari, dan setelah itu Anda akan dapat memulai semuanya seperti semula.
Mercusuar ini terletak di Ushuaia yang merupakan kota paling selatan di dunia dan berseberangan dengan laut Antartika.
Mercusuar ini berjarak sekitar 9 km dari Ushuaia dan Anda perlu menggunakan kapal untuk pergi ke sana.
Beroperasi sejak tahun1920, mercusuar ini masih aktif beroperasi hingga saat ini dalam mengiringi kapal untuk melewati selat Beagle.
Namun, mercusuar tersebut tidak berpenghuni dan dikendalikan dari jarak jauh, sehingga tidak dibuka untuk masyarakat umum.
3. Mercusuar Pigeon Point
Jalan tol California stats route 1, merupakan salah satu jalan tol yang sering dilalui oleh para pengendara di Amerika. Pemandangan yang disuguhkan di jalan tol ini sangat indah terutama ketika anda melewati jalur dari Los Angeles menuju San Fransisco. Dan sepanjang perjalanan tersebut ada banyak tempat-tempat yang menarik untuk dikunjungi, dan salah satunya adalah Mercusuar Pigeon Point.
Dibangun pada tahun 1871, mercusuar ini merupakan mercusuar tertinggi pada pesisir barat Amerika Serikat, mercusuar ini merupakan tempat yang perlu Anda singgah di California bagi para wisatawan di seluruh dunia.
Namun, mercusuar Pigeon Point lebih menarik perhatian bagi para pecinta fotografi dibandingkan para turis. Ini dikarenakan pada setiap tahunnya, hanya untuk satu hari saja, diadakan acara khusus untuk menyalakan lampu mercusuar dengan lampu minyak dan lensa fresnel.
Lampu mercusuar tersebut akan nyala dan berhenti berputar selama 5 menit, dan dalam waktu 5 menit inilah dikhususkan bagi para turis atau fotografer untuk mengambil foto pemandangan menakjubkan tersebut.
Hasil tangkapan fotonya akan mengejutkan Anda, karena keindahan pemandangan tersebut terlihat tidak nyata.
Sebenarnya masih banyak lagi mercusuar-mercusuar indah lainnya yang mudah Anda temukan ketika melewati pesisir pantai ketika anda berpergian. Dengan sedikit perhatian, Anda akan menyadari keindahan mercusuar-mercusuar tersebut dari berbagai sisi yang berbeda.