Fakta Tentang Kelinci
Kelinci merupakan salah satu pilihan bagi orang-orang yang ingin memiliki hewan peliharaan, namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memelihara kelinci.
Kelinci memiliki banyak gigi. Banyak orang yang mengira bahwa kelinci hanya memiliki dua gigi seri. Namun banyak orang yang tidak menyadari bahwa ketika kelinci sedang makan, pipi mereka juga ikut bergerak. Hal ini menunjukkan bahwa kelinci juga memiliki gigi-gigi lainnya didalam mulutnya. Sebenarnya, kelinci memiliki jumlah gigi yaitu 28 gigi.
Kelinci melihat dengan satu mata. Kelinci selalu melihat secara horizontal, khususnya pada saat mereka merasa ketakutan atau waspada, kita akan menyadari ada yang salah dengan mata mereka. Sebenarnya, hal tersebut terjadi karena mereka hanya melihat dengan satu mata, walaupun mata mereka hanya melihat dengan satu sisi, namun hal tersebut tidak berarti kelinci hanya melihat di sisi itu saja. Mereka memiliki derajat sudut pandang 180 derajat. Yang berarti, ketika Anda berada dibelakang mereka, mereka masih dapat melihat atau menyadari keberadaan Anda.
Ketika memberi makan kelinci, Anda akan melihat fenomena yang menarik. Saat Anda menyodorkan mereka rumput, sering kali mereka tidak dapat menemukan rumput itu secara langsung. Mereka perlu mencium bau rumput tersebut agar dapat menemukannya.
Selain itu kelinci juga bisa bernapas terengah-engah. Mengapa demikian?
1. Karateristik alami
Kelinci merupakan hewan yang memiliki kecepatan napas sehari-hari lebih tinggi dibandingkan hewan lainnya. Dan bisa dilihat dari hidung mereka yang sering membuka dan mengatup.
2. Cuaca yang terlalu panas
Meskipun kelinci memiliki kecepatan napas yang lebih tinggi, tetapi jika kelinci terlihat lesu atau tidak nafsu makan, selain itu suhu ruangan di dalam rumah lebih hangat dibandingkan dengan biasanya, maka Anda perlu mempertimbangkan kelinci Anda apakah dia kepanasan atau sedang sakit, dan Anda perlu memberi perhatian lebih terhadap kesehatan kelinci Anda.
3. Ketakutan
Seperti manusia, kelinci juga akan bernapas dengan cepat ketika ketakutan ataupun kaget. Hal ini merupakan hal yang normal, namun kelinci akan muncul tindakan untuk mengelak ketika Anda mencoba untuk mendekati mereka. Para pemilik kelinci perlu memperhatikan tindakan atau kebiasaan yang Anda lakukan dapat memicu kelinci merasa takut atau tidak aman.
Pemilik kelinci boleh mengelus kepala kelinci, Anda perlu membiarkan mereka bebas sebisa mungkin, jangan terlalu sering membiarkan mereka didalam kandang, karena mereka akan merasa stress, selain itu berikan juga mereka cemilan yang mereka sukai, lalu jangan terlalu sering untuk menggendong atau memeluk mereka karena kelinci tidak suka ketika mereka tertangkap dan tidak bebas.
Beberapa pengetahuan mengenai kelinci akan membantu Anda untuk memelihara mereka dengan baik.