Ubur-ubur yang Indah
Ubur-ubur merupakan organisme planktonis yang penting dalam lingkungan air.
Ubur-ubur dapat ditemukan di permukaan laut maupun dasar laut, beberapa spesies ubur-ubur bahkan dapat ditemukan di air tawar.
Ubur-ubur diketahui telah hidup selama 500 juta tahun.
Ubur-ubur terlihat sangat indah dan bercahaya ketika berada di lautan.
Namun, ada beberapa jenis ubur-ubur yang beracun, jadi banyak orang yang takut dan berhati-hati terhadap hewan yang satu ini.
Berikut ini jenis-jenis ubur-ubur yang paling indah.
1. Alarm Jellyfish
Alarm jellyfish atau juga sering disebut ubur-ubur atolla merupakan jenis hewan berongga, yang hanya memiliki perut dan usus. Disebut alarm jellyfish karena sesuai dengan namanya, penampakan mereka yang berwarna merah serta cara mereka untuk melindungi diri dari musuh nya yaitu dengan mengeluarkan cairan bioluminesensi yang berwarna biru, yang membuat penampakan mereka terlihat seperti sirene pada mobil polisi.
Ubur-ubur ini pertama kali ditemukan di Jepang. Mereka memiliki tentakel panjang yang membantu mereka untuk mencari makanan.
2. Velella
Velella atau biasanya dikenal sebagai rakit laut, layar ungu atau layar kecil, merupakan ubutw berwarna biru yang dinamai karena bentuknya segitiga seperti layar kapal. Ubur-ubur ini tidak hidup di laut dalam dan lebih sering mengapung disekitar permukaan laut, merupakan jenis ubur-ubur yang cukup sering dijumpai. Ubur-ubur ini juga bisa dijumpai di beberapa perairan di Tiongkok. Meskipun, ubur-ubur ini memiliki racun dalam tubuhnya, namun racun tersebut tidak begitu mematikan atau berbahaya.
3. Ubur-ubur Crossota
Ubur-ubur crossota terlihat seperti sebuah bola lampu dengan kabel-kabel yang kusut disekitarnya. Ubur-ubur ini sangat jarang dijumpai dan umumnya dapat ditemukan di cekungan Kanada, namun wilayah ini sangat jarang untuk dijelajahi orang-orang, selain itu ubur-ubur ini hidup di kedalaman 2600 meter di bawah laut, sehingga sangat langka untuk dijumpai.
4. Ubur-ubur Mosaik
Penampilan ubur-ubur mosaik sangat imut, ubur-ubur terlihat seperti jamur yang dapat bersinar. Bentuk tubuh ubur-ubur ini cenderung lebih besar dibandingkan ubur-ubur lainnya, dan memiliki warna yang beragam seperti merah muda dan oranye. Ubur-ubur ini sering ditemukan di perairan Indo-Pasifik. Ubur-ubur jenis ini tidak beracun, sehingga dapat dikonsumsi.
5. Canonball Jellyfish
Ubur-ubur jenis ini salah satu jenis ubur-ubur yang cantik juga, berlatar laut yang biru, ubur-ubur ini terlihat seperti kobaran api yang indah.
Ubur-ubur ini sering dijumpai di perairan Mexico.
Jenis ubur-ubur ini bereproduksi secara aseksual, dan memiliki nilai dagang, serta juga sering digunakan sebagai bahan makanan.
6. Ubur-ubur garis ungu
Ubur-ubur ini terlihat sangat cantik, di dalam air ubur-ubur ini terlihat seperti bunga morning glory.
Ubur-ubur garis ungu merupakan salah satu organisme makro plankton yang penting di laut. Memiliki masa hidup yang singkat hanya beberapa bulan saja dan berhabitat di Samudra Pasifik. Karena keindahannya banyak orang-orang yang berminat untuk memelihara ubur-ubur ini.
7. Australia Spotted Jellyfish
Ubur-ubur ini banyak ditemukan di perairan Pasifik barat dengan plankton sebagai makanan utama mereka. Ubur-ubur berwarna biru ini mampu memproduksi nutrisi dengan cara fotosintesis layaknya tumbuhan. Namun, ubur-ubur ini memiliki jangka hidup yang rendah, mereka dapat hidup hanya dalam waktu 3 bulan saja.
Saat ini, ubur-ubur ini sedang dikembang biakkan di penangkaran, jadi Anda tidak perlu pergi ke laut untuk melihat ubur-ubur ini.
Ubur-ubur memang merupakan hewan laut yang cantik, namun Anda perlu ingat bahwa ubur-ubur memiliki racun, jadi disarankan untuk selalu berhati-hati ketika Anda sedang mengamati ubur-ubur.