Irisan Jeruk Kering
Irisan jeruk sangat mudah untuk dibuat, bahkan Anda dapat membuatnya sendiri di rumah jika Anda belajar untuk membuatnya. Anda juga mengkreasikan sendiri dengan menambahkan coklat, yogurt, dan bahan lainnya sesuai keinginan Anda.
Hari ini, kita akan membuat irisan jeruk berlapis coklat, rasanya yang asam, manis dan garing, dengan rasa coklat yang kaya, dan tidak berminyak.
Tentunya, untuk orang-orang yang tidak menyukai coklat, bisa tidak menambahkan coklat ke irisan jeruk kering ini.
Berikut cara membuat irisan jeruk kering.
Bahan-bahan :
Jeruk mandarin yang segar dan coklat putih.
Langkah-langkah pembuatan :
1. Letakkan jeruk-jeruk didalam baskom, tuang air secukupnya dan Tambahkan garam secukupnya, kemudian cuci jeruk hingga bersih.
2. Iris jeruk menjadi potongan-potongan tipis, dan buang bijinya.
3. Susun irisan-irisan jeruk ke atas loyang panggangan, panggang dengan suhu 70 derajat selama 3 jam, panggang hingga kering dan garing.
4. Potong coklat putih menjadi kepingan kecil-kecil, lalu letakkan ke dalam mangkok kaca dan lelehkan coklat diatas air panas, Lelehkan hingga coklat mencair menjadi pasta coklat (coklat tidak boleh basah kena air).
5. Celupkan irisan jeruk kering ke dalam lelehan coklat secara merata. Buat lapisan coklat yang tipis pada irisan jeruk. Ulangi langkah ini, hingga semua kepingan jeruk dilapisi oleh coklat.
6. Letakkan kepingan-kepingan jeruk yang dilapis coklat tadi di atas kertas minyak, sisihkan di tempat suhu ruangan atau di kulkas.
7. Biarkan kepingan-kepingan jeruk berlapis coklat tadi kering dan mengeras dengan sendirinya. Jika, sudah kering, kepingan-kepingan jeruk berlapis coklat siap untuk dimakan.
Rasa asam manis dan garing ada dalam satu gigitan. Rasa manis dari coklat dan tekstur garing dari jeruk yang dikeringkan, merupakan kombinasi yang sempurna.
Yuk, coba buat sendiri di rumah!
Tips :
1. Ketika mencuci buah, gunakan garam secukupnya untuk menghilangkan kotoran-kotoran yang menempel pada buah.
2. Ketika mengiris jeruk, perhatikan untuk tidak memotong biji jeruk juga, dan buang biji jeruknya, karena biji jeruk menimbulkan rasa pahit dan susah dimakan.
3. Ketika melapisi kepingan jeruk dengan coklat, lapisi hanya satu sisi dengan lapisan coklat yang tipis, karena jika lapisan coklat terlalu tebal akan terasa enek Ketika memakannya.
4. Jika Anda tidak suka coklat, Anda boleh menggantinya dengan yogurt.