Burung Gelatik Biru
Kedatangan burung gelatik menandakan musim semi telah tiba.
Burung gelatik biasanya bersarang di lubang pohon atau diantara celah bebatuan. Burung gelatik memiliki ukuran lebih kecil dibandingkan burung pipit biasa, memiliki paruh yang pendek, lancip dan runcing serta memiliki memiliki kaki yang kuat.
Burung ini memakan serangga sebagai makanan utamanya. Burung ini dapat diidentifikasi dengan warna bulu pada bagian dada, kepala, sayap dan ekornya.
Burung gelatik biru berasal dari Jerman, yang dikenal juga sebagai gelatik mahkota biru, merupakan jenis burung hias yang sudah umum di Eropa, dan memberikan kesan yang puas kepada pemiliknya pada saat memberi makan.
Burung gelatik biru bukan jenis burung yang bermigrasi, dan biasanya dapat ditemukan di daerah hutan di sekitar Eropa.
Burung gelatik biru adalah jenis burung pekicau yang memiliki suara yang keras dan berkepribadian cerah. Burung ini merupakan salah satu burung pekicau yang paling umum ditemukan di seluruh Eropa.
Burung gelatik biru memiliki beberapa jenis spesies yang berbeda, yaitu : burung gelatik biru Euroasia, burung gelatik biru Afrika, burung gelatik warna biru langit.
Burung gelatik biru sering bersaing dengan burung gelatik batu kelabu untuk mendapatkan makanan dan tempat tinggal.
Berikut ini beberapa karakteristik burung gelatik biru.
Fitur morfologi
Burung gelatik biru memiliki bulu berwarna biru, garis berwarna biru di antara mata, garis hitam di dada, dahi berwarna putih, dan celah putih di kedua sayapnya.
Memiliki panjang tubuh sekitar 12 cm dari kepala hingga ekor, dan rentang sayap sekitar 17 cm. Ketiga spesies burung gelatik biru ini terlihat sangat mirip, namun burung gelatik warna biru langit cenderung memiliki warna putih disekitar kepala dan dadanya, sedangkan burung gelatik biru Afrika memiliki dada warna kuning.
Habitat
Burung gelatik biru hidup bersama burung gelatik batu kelabu pada saat musim dingin, dan mereka memilih untuk bertengger di cabang pohon yang lebih muda. Burung gelatik biru sering melompat ke arah batang pohon, mereka akan bertengger pada tanaman-tanaman merambat, namun mereka akan memilih lubang pohon sebagai tempat perlindungan mereka ketika cuaca sedang buruk. Burung gelatik biru sangat fleksibel dan dapat bertengger di mana pun mereka berada.
Burung gelatik biru berkicau sepanjang tahunnya, dan mereka paling sering berkicau pada saat bulan Februari hingga Juni.
Makanan
Burung gelatik biru akan memangsa hama ataupun serangga. Mereka akan memakan tunas tumbuhan dari pohon yang berbeda untuk menarik perhatian hama atau serangga tersebut. Tidak ada hewan spesies lain yang memakan kutu daun sebanyak burung gelatik biru ini. Mereka akan memakan dedaunan dan juga biji-bijian.
Burung gelatik biru merupakan hewan omnivora yang banyak menghabiskan waktunya untuk mencari makan di tanah atau di pohon.
Burung gelatik biru umumnya memakan serangga dan laba-laba. Burung gelatik biru dianggap sebagai hewan pembasmi hama yang baik karena ukuran tubuhnya yang kecil serta kemampuannya dalam memakan hama-hama serangga.
Namun, burung gelatik biru sering dimangsa oleh kucing dan juga burung elang.
Pada saat musim semi, sarang burung gelatik biru sering diserang oleh tupai dan juga musang.
Namun, bulu burung gelatik biru dapat mengalihkan perhatian para predator dan pergi dari sarangnya.
Perkembangan dan reproduksi
Burung gelatik biru dapat hidup diberbagai tempat sebagai sarangnya. Mereka dapat hidup di lubang pohon, celah dinding, tunggul kayu, atau pun tempat lainnya. Mereka akan bersaing dengan burung pipit dan burung gelatik batu kelabu dalam untuk mencari tempat bersarang mereka.
Ketika burung gelatik biru mati, pasangan burung gelatik biru yang lain akan menempati sarang mereka. Burung gelatik biru jantan akan menjaga bayi burung nya. Mereka akan melindungi telur-telurnya dengan membusungkan dadanya. Postur ini juga Mereka lakukan ketika mereka berusaha menarik perhatian burung lainnya.
Mereka membangun sarangnya dari lumut, wol, dan bulu-bulunya. Dan mereka akan bertelur dan mengerami telurnya pada bulan April atau bulan Mei setiap tahunnya.