Persiapan Camping
Berkemah adalah kegiatan luar ruangan yang bisa dilakukan dalam waktu singkat, baik untuk tujuan pariwisata, teknik, militer, pemetaan. Akomodasinya juga gampang kok, bisa gunakan tenda, gubuk jerami, karavan, akomodasi simpel lainnya.
Untuk berkemah perlu persiapkan hal-hal apa saja sih?
1. Tenda: pilihlah struktur yang stabil, ringan, tahan angin, kinerja kuat, dan permeabilitas udara yang rendah, pilihlah tenda lapis ganda untuk kualitas yang lebih baik.
2. Kantong tidur: kantong tidur bulu angsa atau bulu angsa ringanvmemiliki tingkat kehangatan yang baik, tetapi syaratnya area harus tetap kering, kantong tidur katun vakum buatan lebih cocok untuk berkemah di tempat basah.
3. Bantal tahan lembab: bantal tahan lembab berbusa dengan film aluminium, lapisan tahan aus ataupun jenis gelombang opsional.
Bantalan tiup otomatis lebih direkomendasi, selama bisa menggerakkan punggung sudah oke kok.
4. Ransel: rangka ransel harus sesuai dengan struktur tubuh supaya sistem punggung jadi nyaman
5. Perlengkapan hujan: jaket berbahan kain yang tahan air dan adem adalah yang terbaik, jangan membawa jas hujan karet yang sangat tebal.
6. Peralatan penerangan: lampu berkemah (lampu berkemah listrik dan lampu berkemah gas), lampu depan, dan senter.
7. Peralatan piknik: pisau lipat multifungsi yang tajam, peralatan makan.
8. Pakaian: tergantung situasi, siapkan pakaian ganti, baik pakaian luar yang tahan hujan dan angin, dan pakaian renang yang bisa dipakai di dalam air.
9. Perlengkapan penyelamat: obat flu, obat diare, semprotan anti nyamuk, kain kasa, plester, dan perban.
10. Air dan makanan: daging tinggi kalori, gula, lemak, dan garam.
11. Sepatu: sepatu pantai atau sandal jepit yang aman dipakai di air.
12. Obat nyamuk: ada banyak nyamuk area berkemah, jika tidak ingin digigit nyamuk, maka obat bakar nyamuk dan spray anti nyamuk.
Ketika menyalakan obat bakar nyamuk wajib perhatikan pencegahan kebakaran, obat bakar nyamuk yang paling baik adalah yang dilengkapi kotak besi di dalamnya, dengan lubang ventilasi untuk mengeluarkan asap nyamuk, namun jangan tinggalkan api yang menyala di area berkemah.
13. Belerang: berkemah di pantai dan pantai yang terpencil, air, rumput, semak belukar, dan bukit pasir membuat para camping mania sering dihinggapi ular, jadi bawalah belerang untuk mencegah bahaya tersebut.
Setelah memilih tempat perkemahan, semprotkan belerang di sekitar perkemahan untuk mencegah serangga masuk ke perkemahan yang mencelakakan orang-orang.
14. Insektisida: Di rerumputan dekat pantai, bahaya terbesar ialah semut. Sebelum mendirikan tenda, coba letakkan camilan manis untuk diamati, dan jika ada banyak semut, disarankan untuk mendirikan tenda di tempat lain.
Jika Anda memiliki rencana untuk berkemah, maka harap bersiap-siap untuk menghindari situasi bahaya lainnya di alam liar.