Indahnya Tempat Ini!
Skye adalah pulau terbesar dan terletak di area paling utara dari kepulauan Hebrides di sebelah barat Skotlandia.
Letaknya di lepas pantai barat laut Skotlandia. Pulau ini memiliki panjang sekitar 50 kilometer dan lebar kurang dari 5 mil pada titik terlebarnya. Sebagian besar pulau ini merupakan tanah rawa dengan ketinggian yang cukup tinggi, sehingga tidak cocok untuk bercocok tanam. Sejak zaman kuno, Skye merupakan pulau yang sunyi dan tandus.
Skye adalah pulau terbesar dan paling utara di Inner Hebrides Skotlandia dan paling dekat dengan daratan Skotlandia. Pulau ini merupakan bagian dari Distrik Dewan Dataran Tinggi Skotlandia, bagian dari Daerah Bersejarah Inverness. Luasnya kurang dari 8 km (5 mil) pada titik terlebar. Pertanian dengan skala kecil masih tersebar luas disini.
Pada akhir abad ke-18 dan awal abad ke-19, para petani hidup dalam kesulitan yang sangat besar dan banyak yang terpaksa meninggalkan rumah mereka. Saat ini, sumber ekonomi lokal yang paling utama adalah budidaya perikanan, terutama salmon. Pariwisata juga merupakan industri yang penting. Portree adalah pemukiman terbesar dan memproduksi tekstil wol.
Kata Skye merupakan Anglicization dari bahasa Gaelik dan t-Eilean Sgitheanach dan pada awalnya dianggap berdiri sendiri. Yang artinya"sayap" dalam bahasa Celtic Kuno, kata ini mungkin digunakan untuk menggambarkan bentuk sebuah pulau. Namun, banyak yang percaya bahwa nama ini berasal dari bahasa lokal pra-Celtic. Teks-teks Romawi dan Yunani menyebutnya sebagai Scitis dan Scetis. Dalam bahasa Gaelik Skotlandia, Isle of Skye juga dikenal sebagai Eilean a 'Cheo, yang berarti "pulau dalam kabut".
Sebagian besar wilayah Skye terdiri dari batuan beku dari zaman Kenozoikum Awal (Eosen), dengan salah satu periode aktivitas vulkanik yang paling terkenal di wilayah Atlantik Utara. Empat ciri khas muncul dari peristiwa tersebut. Yang pertama adalah meluapnya lava MATS. Lava membeku di permukaan menjadi basal, yang menutupi sebagian besar bagian utara dan tengah Isle of Skye. Meskipun fakta bahwa lapisan lava berakhir sebagai tebing di lepas pantai menunjukkan bahwa dulunya jauh lebih luas. Tebing-tebing tersebut telah mengalami pemotongan yang intens, sebagian diakibatkan oleh erosi laut, sebagian besar lainnya oleh patahan.
Di Isle of Skye bagian barat, antara Lochs Blackdale dan Brittle, terdapat basal setebal 150 hingga 275 meter (500 hingga 900 kaki). Basal ini terdiri dari beberapa aliran lava. Lebih jauh ke utara, di Dunwegen Point terdapat sekitar 25 lapisan batuan yang berbeda dengan ketebalan total lebih dari 300 meter (1.000 kaki).
Kedua, terdapat juga material yang mengembun menjadi kue gabro kristal berbutir kasar pada kedalaman yang dalam menekan basal. Basal di atasnya sebagian besar telah terkikis.
Ketiga, terdapat material dengan komposisi kimia yang sangat berbeda juga masuk ke dalam basal, yang mendingin jauh ke dalam granit.
Terakhir, sejumlah besar intrusi basal kecil, basal kasar, tanggul dan lapisan masuk ke dalam basal dan gabro di kemudian hari.
Mercusuar Cape Nestor adalah mercusuar paling terkenal di Skotlandia dan merupakan salah satu dari sepuluh mercusuar terindah di dunia. Mercusuar ini pertama kali dinyalakan pada tanggal 1 November 1909. Kereta gantung udara digunakan untuk memasok listrik ke mercusuar dan kabin. Sejak tahun 1990, mercusuar ini dioperasikan dari jarak jauh dari kantor pusat Northern Lighthouse Board di Edinburgh. Bekas penginapan penjaga sekarang dimiliki secara pribadi dan mercusuar ini terdaftar sebagai bangunan yang dilindungi Kelas B pada tahun 1971.