Jembatan Lintas Laut
Jembatan lintas laut, yang juga dikenal sebagai jembatan laut, adalah struktur berskala besar yang dibangun di atas perairan laut seperti teluk, selat, atau muara. Jembatan ini sering kali memiliki bentang yang panjang dan bisa mencapai beberapa ribu meter atau bahkan puluhan kilometer.
Karena kondisi alam yang keras dan kompleks di lingkungan laut, membangun jembatan lintas laut tentu membutuhkan proses pembangunan dengan teknologi dan rekayasa yang canggih.
Klasifikasi jembatan dapat didasarkan pada penggunaannya, seperti jembatan jalan raya, jembatan kereta api, jembatan penyeberangan, dan jembatan air. Berikut ini adalah lima jembatan laut terbaik di dunia:
1. Jembatan Hong Kong-Zhuhai-Macao
Jembatan ini mulai beroperasi pada tahun 2018 dengan total panjang 55 kilometer, termasuk 42 kilometer di atas permukaan laut, jembatan ini adalah jembatan lintas laut terpanjang di dunia.
Jembatan ini memiliki masa pakai 120 tahun dan dapat bertahan dari topan berkekuatan 16 SR dan gempa bumi berkekuatan 8 SR. Jembatan ini menghubungkan Pelabuhan Hong Kong ke Zhuhai dan Macau.
2. Jembatan Teluk Qingdao
Jembatan ini merupakan jembatan laut terpanjang kedua di dunia dengan total panjang 41,58 kilometer. Jembatan ini mulai beroperasi pada tahun 2011 dan memiliki enam jalur di kedua arah dengan kecepatan kendaraan yang dirancang 80 kilometer per jam.
3. Jembatan Seto di Jepang
Jembatan ini terdiri dari tiga jembatan kabel, dua jembatan kabel, dan satu jembatan rangka dengan total panjang 37,3 kilometer membentang di atas Laut Pedalaman Seto antara Pulau Honshu dan Shikoku,
Area jembatan di atas laut memiliki panjang 13,1 kilometer. Jembatan ini mulai beroperasi pada tahun 1988 dan merupakan jembatan untuk akses jalur jalan raya dan kereta api.
4. Jembatan Teluk Chesapeake
jembatan ini mulai beroperasi pada tahun 1964 membentang sepanjang 37 kilometer antara Maryland dan Virginia, dan dianggap sebagai salah satu dari tujuh keajaiban dunia modern.
Jembatan ini menawarkan pemandangan Teluk Atlantik dan jalur pelayaran tersibuk di dunia dan terbuka untuk umum setahun sekali untuk bertamasya dengan sepeda.
5. Jembatan Laut Teluk Hangzhou
Jembatan ini mulai beroperasi pada tahun 2008 dengan total panjang 35,673 kilometer yang menghubungkan kota Jiaxing dan Ningbo di Cina. Jembatan ini memiliki enam jalur di kedua arah dengan kecepatan kendaraan yang dirancang 100 kilometer per jam.
Ada banyak jembatan lintas laut terkenal lainnya di seluruh dunia, masing-masing dengan fitur dan tantangannya yang unik. Beberapa contoh lainnya termasuk:
1. Jembatan Oresund menghubungkan Denmark dan Swedia dan memiliki panjang total 7,8 mil. Jembatan ini mencakup jembatan jalan raya dan kereta api serta jembatan kabel.
2. Jembatan Golden Gate terletak di San Francisco, California, Amerika Serikat. Jembatan ini merupakan jembatan gantung yang membentang sepanjang 1,7 mil dan merupakan salah satu landmark paling ikonik di Amerika Serikat.
3. Sea-to-Sky Highway di British Columbia, Kanada, yang mencakup bagian dari Sea-to-Sky Gondola yang melintasi fyord dan menawarkan pemandangan spektakuler dari daerah sekitarnya.
4. Jembatan Rion-Antirion di Yunani adalah jembatan kabel pancang yang membentang sepanjang 2,25 mil dan dianggap sebagai salah satu proyek paling signifikan di Mediterania.
Secara keseluruhan, jembatan lintas laut adalah bukti kecanggihan teknik modern yang mengesankan dan telah memberikan akses peran penting bagi kepentingan transportasi masyarakat, serta sebagai jalur perdagangan. Jembatan-jembatan ini juga dijadikan sebagai tujuan tempat pariwisata dan telah menawarkan pemandangan yang luar biasa dari daerah sekitarnya.